Monday 8 November 2010

Air Terjun Angel

Air Terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki). Air yang jatuh tanpa hambatan apapun mencapai sekitar 807 meter (2.647 kaki), kemudian mencapai bagian bawah lembah terus mengalir menuju sungai Churun. Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela bagian tenggara.



Air terjun Angel berawal dari suatu teluk berliku yang tak dikenal, kemudian sampai pada rangkaian patahan celah dan jurang yang terdapat pada bagian atas rongga gunung. Air kemudian tumpah ke lembah dibawahnya dengan air yang deras melimpah, tak terputuskan sepanjang 2,647 kaki ke sungai Churun.

Beberapa sejarawan menyatakan bahwa, sebenarnya orang Eropa pertama yang mengunjungi air terjun itu adalah Fernando de BerrĂ­o, seorang penjelajah Spanyol dan gubernur dari abad ke-16 dan 17. Kemudian, pada tahun 1912 oleh penjelajah Ernesto Sanchez La Cruz, melihat air terjun ini, tetapi tidak mempublikasikan penemuannya, sehingga air terjun ini tidak dikenal oleh dunia luar, sampai pilot Amerika, James Crawford Angel, terbang di atas air terjun tertinggi ini pada 16 November 1933 dalam penerbangan untuk mencari lokasi tambang emas.

Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan “Air terjun Angel” untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai “Auyan-tepui” (”Aiyan-tepui”) yang berarti “Gunung Setan”.

Ketinggian resminya ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949. Air terjun ini merupakan atraksi turis paling terkenal di Venezuela.
Ada banyak cara untuk sampai ke Angel Falls dan menikmati keindahannya. Ribuan orang telah mengunjungi situs ini dan banyak yang meminta saran bagaimana perjalanan mereka menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Yang lain telah memilih cara kasar meminta ekspedisi berjalan kaki. Ada yang memutuskan untuk melihatnya dengan trekking berjalan kaki, dengan helikopter, atau menyewa pesawat terbang.

No comments:

Post a Comment