Monday 29 November 2010

Air Terjun Yumbilla


Air TerjunYumbilla  adalah air terjun tertinggi kelima di dunia. Air terjun Yumbilla terletak di Cuispes, di Amazon wilayah Peru. Air terjun Yumbilla merupakan sebuah air terjun bertingkat, dengan empat tingkatan air terjun. Air terjun ini belum lama di temukan. Menurut pejabat National Geographical Institute (ING), Peru, ketinggian air terjun ini mencapai 2.937 kaki (895,4 m), namun sumber yang lain mengatakan ketinggian air terjun hanya 2.854 kaki (870 m).

Air terjun Yumbilla menggantikan posisi air terjun Gocta yang dulunya dianggap sebagai air terjun tertinggi di Peru. Air terjun Gocta juga terletak di Amazon, dengan ketinggian 2.531 kaki (771 m).


Air terjun ini mengesankan karena ketinggiannya, sedangkan aliran airnya tidak terlalu besar. Lokasi terbaik untuk melihat air terjun Yumbilla adalah di Mirador. Untuk sampai ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Cuispes. Rute perjalanannya sangat menantang karena jalannya relatif sempit, berliku dan banyak jalan berlumpur (becek),  namun indah dan menyenangkan.

Untuk mempermudah perjalanan, biasanya para wisatawan memerlukan pemandu local, dan untuk mencapai kaki air terjun Yumbilla, diperlukan waktu sekitar 5 jam dari Cuispes pergi pulang.


Tempat-tempat wisata lain yang ada disekitarnya antara lain wilayah arkeologi Chan Chan (276 km), Taman Nasional Rio Abiseo (220 km), air terjun Gocta (12 km) dan Taman Nasional Podocarpus (219 km).

No comments:

Post a Comment