Tuesday 9 November 2010

Danau Plitvice


Danau Plitvice, Kroasia, merupakan enam belas danau yang saling berhubungan dengan air terjun yang spektakuler. Danau ini ada di dalam hutan Taman Nasional Danau Plitvice. Sangat terkenal dengan ciri khas warna-warni, mulai dari biru menjadi hijau berubah menjadi abu-abu menjadi biru kembali, warna-warni itu selalu berubah tergantung dari mana sudut matahari menyinari air danau.

Taman Nasional Danau Plitvice merupakan sebuah taman nasional di Kroasia, yang terletak di 44.85° U 15.62° T . Keindahan dan kecantikan Danau Plitvice yang juga merupakan danau terindah di Eropa, menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata tertua, yang banyak dikunjungi wisatawan dan merupakan Taman Nasional tertua dari delapan Taman Nasional di Kroasia.

Areal wisata danau Plitvice merupakan salah satu tempat wisata terbesar di Kroasia. Pada tahun 2000, taman nasional ini diperluas lagi hingga lebih dari 102 km persegi. Danau Plitvice, sejak 1979, telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di Taman Nasional ini terdapat 16 danau yang saling dihubungkan melalui cascade berbentuk hati, yang luar biasa indahnya. Danau ini menampung air dari sungai Korana, setinggi 258 kaki. Air terjun yang terbesar disebut sebagai Veliki Slap, yang terletak di bawah danau seri. Selain danau dan air terjun yang berdiri jejak berjajar, di taman nasional ini juga terdapat gua Supljara.
Danau-danau ini terbagi dalam dua kelompok utama, yaitu danau bagian atas dan danau bagian bawah. Danau bagian atas, sangat luas, dikelilingi oleh hutan-hutan yang sangat lebat dan dasarnya terbentuk dari lapisan dolomite.
Danau bagian bawah tergeletak di dasar ngarai yang sempit, yang dibatasi oleh dinding-dinding batu kapur yang curam dan mendaki seperti tangga raksasa yang naik ke atas danau.
Danau bagian atas terdiri dari 12 danau, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut
·         danau Prošćansko
·         danau Ciginovac
·          danau Okrugljak veliko
·          danau Galovac
·          danau Gradinsko

 Danau bagian bawah, terdiri dari 4 danau, antara lain
·         danau Kozjak
·          danau Milanovac

Danau Plitvice, terletak di suatu lembah yang dikelilingi oleh tiga buah gunung. Selain panorama di sekeliling danau yang sangat indah, air danau ini memiliki keunikan tersendiri, karena warnanya senantiasa berubah menjadi biru, hijau, dan abu-abu, sesuai dengan perubahan musim. Perubahan warna air ini terjadi karena tingginya kandungan mineral air danau dan adanya efek dari sinar matahari yang jatuh pada dedaunan maupun ranting-ranting.yang mengandung lapisan logam dan mengalami proses travertine
Taman Nasional Danau  Plitvice, memiliki hutan yang sangat lebat, terutama banyak ditumbuhi oleh pohon beech, pohon cemara,  dan juga memiliki fitur vegetasi campuran, Alpine dan Mediterania.
Taman Nasional ini juga menjadi tempat bagi beragam spesies binatang dan burung. Fauna langka seperti beruang cokelat Eropa, serigala, babi, rusa, elang, burung hantu, lynx, capercaillie, dan kucing liar dapat ditemukan di sana, bersama dengan banyak spesies lainnya yang lebih umum. Hiruk-pikuk suara dari setidaknya 126 spesies burung yang telah tercatat di sana, memberikan suasana yang penuh keceriaan. Dari sekian banyak spesies burung tadi, 70 diantaranya sengaja ditangkarkan di taman ini. Sesekali, danau yang diam tenang ini nampak menjadi hidup disebabkan adanya ikan-ikan berwarna keperakan yang melesat ke atas, meloncat keluar dari air dan juga nampak serigala atau rusa dari hutan, membungkuk ke danau untuk memuaskan rasa haus mereka.
Sementara embun pagi terbang meninggalkan sang mentari, jalan setapak dari papan yang berkelok-kelok terhampar di depan dan menghantar para wisatawan untuk menikmati sejuknya suasana alam, bersama koleksi air terjun yang sangat indah. 
Taman Nasional danau Plitvice pernah mengalami masa-masa suram tatkala terjadisengketa perbatasan dengan Bosnia-Herzegovina, dan ketika tentara Yugoslavia, pada tahun 1991, merebut taman dan mengubahnya menjadi barak tentara. Tentara Kroasia kemudian memaksa mereka keluar, tahun 1995, tetapi dampak dari perang tersebut nampak di mana-mana. Daerah di sekitar taman memberikan pemandangan yang sangat mengerikan akibat pemboman.

Tetapi sembilan tahun kemudian Taman Nasional Danau Plitvice telah menjadi pusat wisata yang tersibuk di Kroasia. Ratusan ribu wisatawan setiap tahunnya datang dari berbagai penjuru dunia khususnya pada bulan Juli - September. 

No comments:

Post a Comment