Jumat, 26 November 2010

Danau Superior



Danau Superior adalah danau jenis Glasial yang terletak di dua negara yaitu Kanada dan Amerika Serikat. Bagian yang terletak di Kanada, terdapat di Ontario, sedangkan bagian yang ada di Amerika Serikat terdapat di wilayah Minnesota, Wisconsin dan Michigan.

Danau Superior merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam hal luas permukaannya, sedangkan danau Baikal di Siberia adalah danau air tawar terbesar di dunia, dalam hal volumenya. Sebenarnya danau terbesar di dunia dalam hal luas permukaan, dipegang oleh danau Kaspia atau yang lebih dikenal sebagai danau Laut Kaspia. Hanya saja Laut Kaspia berisi air asin.

Danau ini mendapat aliran masuk utama dari St. Nipigon, St Louis, Pigeon, Pic, White, Michipicoten, dan Kaministiquia, sedangkan aliran keluar utamanya adalah St Marys.

Danau Superior memiliki luas permukaan 82,414 km² (32.000 mil persegi), lebih besar dari Republik Czech. Danau Superior memiliki panjang maksimum 350 mil (560 km) dan lebar maksimum 160 mil (257 km). Kedalaman rata-ratanya adalah 489 kaki (149 m) dengan ke dalaman maksimum 1.333 kaki (406 m). Ketinggian permukaan 600 kaki (180 m). Danau Superior berisi 2.935 mil kubik (12.232 km kubik) air. Garis tepian danau ini sepanjang 2.730 mil (4.393 km) (termasuk pulau-pulau). Pulau pulau yang terdapat di tengah-tengah danau ini adalah Royale Island, yang merupakan pulau terbesar di tengah danau ini, Apostle Islands, dan Slate Islands. Permukiman yang ada di sekitarnya antara lain Duluth, Minnesota, Superior, Wisconsin, Thunder Bay, Ontario, Marquette, Michigan, Sault St. Marie, Michigan

Air danau ini sangat dingin, tetapi akhir-akhir ini suhu permukaannya telah naik yang diduga akibat dari adanya pemanasan global. Suhu rata-rata di danau saat musim panas sekitar 40° F. Danau Superior ilut berperan dalam menciptakan iklim laut lokal. Permukaan air yang dingin ini cukup lambat dalam merespons perubahan temperatur yang berkisar antara 32°-55° F (0°-13° C) sehingga pada 1970, danau ini mampu membantu menstabilkan suhu udara sekitar saat musim panas dan dingin, dan dapat menyebabkan efek salju pada bulan-bulan dingin. Bukit dan gunung yang membatasi danau, menahan kelembapan dan kabut, khususnya pada musim gugur.

Karena panjang dan luasnya danau ini, maka danau ini juga dipergunakan sebagai sarana transportasi air dan untuk jalur kapal-kapal pengangkut biji besi.

Legenda

Menurut kisah, Danau Superior tidak pernah “menyerahkan” kembali sesuatu yang telah jatuh (tenggelam) ke dalamnya. Ini dikarenakan danau ini lebih dingin dan sangat dalam dibanding danau lainnya. Tubuh yang tenggelam tidak akan pernah muncul ke permukaan lagi (tidak seperti laut).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar