Tuesday 9 November 2010

Danau

Terdapat beberapa definisi tentang danau:
  • Ceruk atau cekungan besar pada permukaan bumi yang berisi air, bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. 
  • Genangan air yang amat luas yang dikelilingi daratan. 
  • Sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air.
Istilah danau juga digunakan untuk menggambarkan fenomena seperti pada Danau Eyre, di mana danau ini kering di banyak waktu dan hanya terisi pada saat musim hujan. Ada dua jenis danau yaitu danau alami dan danau buatan (waduk, dam atau bendungan). Danau buatan sengaja dibangun untuk penyediaan tenaga listrik-hidro, rekreasi (berenang, selancar angin, dll), persediaan air, irigasi, pencegah banjir, perikanan, dll.

Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Danau yang luas kadang kala dinamakan laut: misalnya Danau Laut Kaspia dan Danau Laut Aral.
Finlandia dikenal sebagai "Tanah Seribu Danau" dan Minnesota dikenal sebagai "Tanah Sepuluh Ribu Danau". Great Lakes di Amerika Utara berasal dari zaman es. Sekitar 60% danau dunia terletak di Kanada; ini dikarenakan kacaunya sistem pengaliran yang mendominasi negara ini.
Sejumlah besar danau di dunia terbentuk oleh gletser dan lembaran es. Beberapa danau terbentuk oleh angin atau air hujan, sedang lainnya oleh gerakan bumi atau kegiatan vulkanik.

No comments:

Post a Comment