Jumat, 03 Desember 2010

Bioma Taiga



Kata Taiga (ti’ge ) berasal dari bahasa Rusia yang berarti hutan rawa. Taiga juga disebut sebagai Hutan Boreal yang berarti hutan di daerah utara. Bioma Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, misalnya di wilayah negara Rusia, Kanada, Skandinavia, dan beberapa di kawasan Asia Utara. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari bioma-bioma lain yang ada di bumi.

Bioma taiga terdapat di belahan bumi sebelah utara dan di pegunungan daerah tropic. Kawasan ini terletak di kawasan beriklim subartik dengan iklim yang sangat dingin, temperaturnya pun rendah mencapai -70o F. Musim dingin di kawasan ini sangat panjang sedangkan musim panasnya sangat pendek sekitar 3 bulan, dengan suhu mencapai 90o F. Rentang temperatur antara suhu rendah dan suhu tinggi sangat besar. 

Taiga mengalami 4 musim: musim panas, gugur, dingin dan semi. Pada daerah dekat aliran sungai perbedaan suhu musim dingin dan panas tidak terlau jauh, sedangkan perbedaan suhu di daerah yang jauh dari aliran sungai sangat lebar, contohnya daerah Anchorage (dekat aliran sungai) suhu musim dingin -34oF dan musim panas 85oF sedangkan di Fairbanks (daerah pedalaman) suhu musim dingin -70o F dan musim panas 99o F. Kebakaran hutan di taiga sangat berperan bagi regenerasi tumbuhan di sana.
 
Ciri-ciri bioma taiga :
  1. Mempunyai musim dingin yang cukup panjang dan musim kemarau yang panas dan sangat singkat
  2. Selama musim dingin, air tanah berubah menjadi es dan mencapai 2 meter di bawah permukaan tanah
  3. Jenis tumbuhan yang hidup sangat sedikit, biasanya hanya terdiri dari satu sampai tiga jenis tumbuhan.
Biasanya taiga merupakan hutan yang tersusun atas satu spesies dan jenis vegetasi yang mendominasi adalah jenis vegetasi konifer, sehingga hutan yang ada di wilayah bioma taiga sering juga disebut dengan hutan konifer.di antaranya picea, alder, birch, juniper, black spruce, white spruce, tamarack, aspen, abies, pinus, larix, cotton wood, willow, twinflowers, raspberries, high bush, rose hipe, fireweed, mosses, lichenes, crowberries, currants, dwarf dogwood, lingonberris dan sejenisnya. Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali. 

Pohon-pohon di hutan konifer mempunyai daun yang berbentuk seperti jarum dan mempunyai zat lilin dibagian luarnya sehingga tahan terhadap kekeringan. Kondisi tersebut menyebabkan hanya sedikit hewan yang dapat hidup di daerah bioma Taiga, seperti moose (hewan terbanyak di taiga), beruang hitam, rusa, karibau, rubah, anjing hutan, martin, ajax, tupai, burung gagak hitam, dan srigala,. Berbagai jenis burung pada musim panas datang ke taiga dan pada musim dingin beremigrasi.. Selain itu juga terdapat berbagai serangga mendominasi pada keadaan tertentu seperti kumbag, semut, langau kerbau (hornets), lebah, capung, dan aphids. Pada musim dingin hewan di Taiga menyesuaikan diri dengan menebalkan bulunya.

Galeri Gambar







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar