Friday 10 December 2010

Gua Kristal (Cueva de los Cristales), Mexico



Bumi menyimpan berjuta keindahan. Tidak hanya di permukaan, tapi juga di dalam perutnya. Seperti Cueva de los Cristales, gua kristal yang ditemukan di bawah Gurun Chihuahua, Meksiko, ini . Gua Kristal, terletak di Tambang Naica Mine, Chihuahua, Meksiko. Sejak pertama kali ditemukan tahun 2000, gua ini telah memikat dunia. Gua Kristal ditemukan oleh dua orang bersaudara, pekerja pengeboran pada tambang perak, yang sedang menggali teroongan baru bagi perusahaan pertambangan Industrias Peñoles di Naica, Mexiko.

Gua ini layaknya hutan Kristal di bawah tanah.  Sulit untuk melukiskan  dengan tepat keindahan yang luar biasa dari hutan kristal bawah tanah ini.

Di dalam gua ini terdapat kristla-kristal rakasasa yang menakjubkan, berukuran panjang lebih dari 30 kaki (9.2m),  diameter lebih dari 13 kaki (4m) dan berat 55 ton. "Anda baru sadar bahwa hamparan hutan kristal ini berukuran jumbo setelah membandingkan ukurannya dengan para petambang berpakaian oranye yang berkeliaran di sana," tulis Daily Mail.

Kristal-kristal ini adalah Kristal-kristal Selenit alam terbesar di dunia, yang terbentuk dari  air tanah yang mengandung kalsium sulfat jenuh, yang dihangatkan oleh intrusi magma,  sekitar satu mil (1,6 km) di bawah tanah, jutaan tahun yang lalu. Kristal-kristal tersebut tercipta dari mineral dalam magma yang mulai dingin. 

Karena mineral-mineral itu terciprat ke permukaan air, terbentuklah batu-batu kristal yang runcing.
Tidak kurang dari 170 kristal raksasa seukuran batu obelisk menjulang di dalam gua bawah tanah yang kondisinya mirip dengan penggambaran Krypton, planet asal tokoh komik superhero Superman tersebut.

Gua Kristal Yang Panas

Ukuran guanya sendiri sekitar 30 m panjangnya, lebar 10 m dan berada di kedalaman 300 m di bawah tanah. Suhu dalam gua panas, 44 °C (109 °F) dengan kelembabpan 90-100%. Suhu yang panas ini dikarenakan posisi gua yang dekat dengan saluran magma.

Gua ini sendiri relatif tidak dapat dikunjungi, karena tanpa peralatan khusus, manusia hanya bisa hidup 10 menit, pada kondisi seperti
  ini dan 45 menit dengan menggunakan peralatan khusus. Selain suhu, gua yang berada pada kedalaman sekitar 305 meter di bawah permukaan bumi ini, dihiasi batu-batu kristal tajam, di dindingnya, sehingga sangat membahayakan apabila kita salah dan jatuh terpeleset. Bisa saja tertusuk oleh kristal yang tajam dan mematikan.

Tangan-tangan Jahil

Kristal-kristal yang menarik dan bernilai jual tinggi itu tentu menggelitik tangan-tangan jahil untuk mengambilnya.

Tapi, mengingat kedalaman gua yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapainya, sepertinya mereka yang jahil ini, harus berpikir ulang. Apalagi, kini, gua tersebut dilapisi dengan pintu baja untuk mengamankan hamparan kristal di dalamnya.



1 comment:

  1. Very good topic, similar texts are I do not know if they are as good as your work out. cristales repuesto ray ban

    ReplyDelete