Sunday 12 December 2010

Gua Majlis al Jinn (Majlis al Jinn Cave)


Gua Majlis al Jinn adalah gua bawah tanah terbesar kedua di dunia. Penduduk setempat menyebutnya Khoshilat Maqandeli. Gua ini terletak di suatu daerah terpencil, di Dataran Tinggi Selma, Negara Kesultanan Oman. Dataran Tinggi Selma, terletak pada ketinggian 1.380 meter dari permukaan laut.

Gua ini merupakan gua yang spektakular,,sebuah gua yang menakjubkan, yang dapat diakses melalui suatu celah di tanah, dengan bantuan tali. Suhu di dalam gua cukup dingin, antara 17 – 18 derajat Celcius.
Di dekat celah tempat masuk ke dalam gua, terdapat qandillah, yaitu tempat perlindungan untuk menyembunyikan domba di bawah tebing.


Gua Majlis al Jinn mempunyai tiga pintu masuk
  1. Khoshilat Maqandeli (First drop) – memiliki kedalaman118.0 m.
  2. Khoshilat Beya Al Hiyool (The Asterisk) – pintu masuk ini cukup luas dan memiliki ke dalaman 139.6 m.
  3. Khoshilat Minqod (Cheryls Drop) – pintu masuk paling sempit, lebarnya hanya 2 m, dan paling dekat dengan bagian tengah rongga gua. Pintu masuk inilah yang sering digunakan sebagai jalan masuk menuju gua. Kedalaman di tempat masuk ini mencapai 158,2 m (paling dalam). Nama Cheryl diberikan setelah Cheryl Jones, isteri dari  penjelajah gua Don Davison, merupakan orang pertama yang memasuki gua ini melalui celah atau pintu masuk ini

Gua ini ditemukan pada tahun 1983 oleh Don Davidson, seorang geologis yang datang ke Oman. Davidson dikabarkan meninggal 10 tahun kemudian saat melakukan pendakian di Pegunungan Andes.

Rongga gua berukuran 310 meter kali 225 meter dengan ketinggian 120 meter. Jadi volume ruangannya mencapai 4 juta meter kubik dan area lantainya mencapai 58.000 meter persegi. Dan ini memberikan Anda suatu perseptif yang lebih baik, tentang seberapa besar gua ini. Bagian terdalam dari gua mencapai 178 meter di bawah bagian atas Asterisk drop,(pintu masuk Asterisk). Langit-langit  yang benar-benar bebas memiliki ketebalan hanya 40 meter, yang berada di sebagian besar gua. 


Gua ini bisa dibilang lebih besar dari pyramid Giza, piramid tebesar di Mesir, sekalipun. Landasan dimensi piramida kurang lebih sama dan sebanding dengan ruang lantai dan tinggi gua ini.


No comments:

Post a Comment