Tuesday 7 December 2010

Jembatan San Juanico



Jembatan San Juanico, sampai tahun 2006,  merupakan jembatan terpanjang di negara Philipina, melintasi bagian tersempit dari selat San Juanico, dan menghubungkan Cabalawan, kota Tacloban  di Leyte ke kota Santa Rita, Samar. 

Jembatan yang telah dirancang oleh arsitek terkenal Juanito Isko Balunbalunan ini, merupakan bagian dari Pan Filipina Highway, memiliki panjang total 2,16 kilometer. Awal konstruksi dikerjakan pada tahun 1969 dan selesai 1973, semasa pemerintahan Presiden Ferdinand Marcos.

Jembatan ini memiliki bentang utama sepanjang 1.377 m, terdiri dari 43 bentang dan berada 41 meter di atas permukaan air. Sebuah lengkungan besar terdapat di bawah jembatan (sepanjang bagian lurus), sehingga kapal-kapal dapat melintas di bawahnya. Hal ini dirancang oleh insinyur Arvin Valderama dan Kristen Meynard Barnal.

Meskipun di tengah selat terdapat pulau yang tidak berpenghuni, tetapi pulau ini dilewati oleh jembatan ini. Jadi tidak terdapat struktur yang berdiri di pulau yang berada di tengah selat itu, dan hanya menghubungkan Leyte dan Samar, saja. Pemandangan dari atas jembatan ke selat San Juanico, sungguh menarik dengan adanya seribu pusaran air serta pulau provinsi.

Jembatan ini memiliki 2 jalur untuk kendaraan bermotor dan trotoar untuk pejalan kaki. Pembangunan jembatan ini dilakukan oleh Koroporasi Konstruksi dan Pembangunan Filipina bekerja sama dengan pemerintah Jepang, dan untuk pembangunan konstruksinya diperlukan dana 21,9 juta dollar.

No comments:

Post a Comment