Friday 7 January 2011

Gurun Namib (Namib Desert)




Gurun Namib adalah sebuah gurun di Namibia yang merupakan bagian dari Taman Nasional Namib-Naukluft, salah satu taman nasional yang terbesar di Afrika, yang mencakup daerah seluas 49.768 km  persegi. Nama "Namib" berarti “tempat besar”. Gurun ini meliputi wilayah sekitar 50.000 km², membentang 1.600 km (1.000 mil) sepanjang pesisir Samudra Atlantik di Namibia, yang mendapatkan namanya dari gurun ini. Luas barat-timurnya bervariasi dari 50-160 km (30 hingga 100 mil). Gurun Namib juga mencapai sebelah barat daya Angola.
 
Daerah ini dianggap sebagai gurun tertua di dunia dan telah mengalami keadaan gersang atau semi-gersang setidaknya selama 55 - 80 juta tahun. Ke gersangannya disebabkan oleh turunnya air kering yang didinginkan oleh arus Benguela, di sepanjang pesisir.  Gurun Namib merupakan salah satu daerah terkering di dunia. Curah hujannya kurang dari 10 mm (0,4 inci) tiap tahun, sehingga gurun ini hampir tandus.

Sossusvlei adalah lembah garam di tengah Gurun Namib yang dihuni oleh kadal, ular, dan hyena. Gurun Namib satu-satunya gurun yang didiami oleh gajah, singa, baak dan jerapah.

Sejumlah spesies tanaman dan tumbuhan unik ditemukan di sini. Salah satunya adalah Welwitschia mirabilis, tanaman semacam semak belukar. Welwitschia terkenal karena kemampuannya bertahan hidup dalam keadaan yang amat kering di Namib, kadang-kadang mendapat embun dari pesisir.

Meski gurun ini tak berpenghuni dan tak terjangkau, ada permukiman di Sesriem, dekat lembah garam Sossusvlei, yang terkenal dan di sini terdapat sekelompok besar bukit pasir, dan salah satu diantaranya merupakan bukit pasir tertinggi di dunia, dengan ketinggian 340 meter. Gurun ini terkenal dengan pergeseran besar-besaran bukit-bukit pasirnya, yang lebih besar daripada yang lain di bumi dan bisa mencapai ketinggian 1.000 kaki. Kompleksitas dan regularitas pola bukit pasir ini dalam lautan bukit pasirnya, telah menarik perhatian para geolog selama berpuluh-puluh tahun; namun sayangnya sampai sekarang belum dapat dipahami dengan baik.

Meskipun menjadi salah satu padang gurun bumi tertua, tetapi hanya sebagian dari wilayah lembah garam Sossusvlei yang terbuka untuk wisatawan, karena sebagian wilayah ini dijadikan wilayah konservasi, tetapi juga karena kekhawatiran keamanan bagi para wisatawan pada saat sakit. Lembah Sossusvlei hanya terbuka untuk eksplorasi yang lebih mendalam. Bila berkunjung ke Sossusvlei , situs ini paling indah dilihat dari puncak Dune 45, saat matahari terbit. 

Interaksi antara udara bermuatan air dari laut, lewat angin selatan, dan udara yang kering dari gurun menyebabkan banyaknya kabut dan aliran kuat, sehingga sering menyebabkan para nakhoda tersesat. Daerah Skeleton Coast di utara, terkenal sebagai tempat banyaknya bangkai kapal. Beberapa dari bangkai kapal ini, bisa ditemukan sekitar 50 meter di daratan, karena gurun ini bergerak perlahan ke barat menuju laut, mereklamasi tanah selama bertahun-tahun.

Gurun Namib adalah tempat penting bagi pertambangan tungsten, garam dan berlian. Akses ke gurun ini dapat dilakukan melalui pesawat kecil dari Windhoek (ibukota Namibia, sekitar 480 km dari timur pusat gurun), Swakopmund dan Walvis Bay di ujung utara gurun, atau melalui darat dengan jalanan berkerikil.

Untuk perjalanan ke Taman Nasional Namib-Naukluft, diperlukan perizinan yang dapat diperoleh di Sesriem, dan sekaligus merupakan lokasi terdekat untuk menuju  Sossusvlei. Dari Sesriem diperlukan waktu sekitar satu jam berkendara untuk menuju setengah dari bukit pasir, atau sekitar 60km. Izin juga dapat diperoleh di Swakopmund atau Teluk Walvis, jika bepergian dari barat. 


Galeri Gambar








 

No comments:

Post a Comment