Sunday 16 January 2011

Uluru (Ayers Rock)




Uluru dikenal juga sebagai Ayers Rock, adalah sebuah formasi batu berukuran besar di Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, yang dimiliki dan dijalankan oleh Anangu, pemilik Tradisional. Uluru terletak sekitar 350 km di barat daya kota Alice Springs, Northern Territory, Australia tengah. Uluru adalah benda keramat bagi para Aborigin dengan banyak mata air, gua, dan lukisan primitif. 

Ayers Rock adalah monolith terbesar di dunia dan mempunyai tinggi 348 meter dari lantai gurun dan kelilingnya hampir mencapai 10 km. Hal ini dianggap salah satu keajaiban besar dunia. Pada saat-saat tertentu, warna dari Uluru akan berubahdari kehitaman, kecoklatan sampai kemerahan dan oranye.

Suku Aborigin percaya bahwa ada itu berongga di bawah tanah, yang memegang banyak energi dan adalah tempat mereka 'Mimpi' dimulai. Anangu percaya bahwa daerah sekitar Uluru adalah rumah nenek moyang mereka. Ada banyak situs-situs penting yang bisa ditemukan di sekitar Uluru.

Nama Uluru digunakan oleh orang Aborigin dan tidak memiliki makna khusus dalam Pitjantjatjara, bahasa setempat.

Pada Oktober 1872, penjelajah Ernest Giles menjadi orang asing pertama yang melihat batuan ini, namun tidak bisa mendekat karena dihalangi Danau Amadeus dan hanya menyebutnya sebagai "the remarkable pebble". Pada bulan Juli 1873, surveyor William Gosse mengunjungi batu ini dan menamainya Ayers Rock, untuk menghormati Chief Secretary Australia Selatan, Sir Henry Ayers.

Pada 1993, diadopsilah kebijakan nama dual sehingga pada 15 Desember, namanya menjadi Ayers Rock / Uluru dan pada 6 November 2002, namanya dibalik menjadi Uluru/Ayers Rock atas permintaan dari Asosiasi Turisme Regional Alice Springs.

Galeri Gambar















 

No comments:

Post a Comment