Saturday 12 February 2011

Euphorbia Obesa



Euphorbia Obesa, dijuluki juga tanaman baseball, biasa tumbuh endemis di Great Karoo, Afrika Selatan. Tanaman ini gampang sekali tumbuh hanya butuh matahari dan air saja. Populasinya mulai terancam karena tanaman ini sering diburu oleh para kolektor. Bentuknya yang lucu dan unik, telah menjadikannya tanaman yang banyak dikoleksi, tanpa memikirkan penanamannya kembali. Ini membuat beberapa organisasi dalam dan luar negeri bereaksi untuk melindunginya.

Meski di habitat aslinya, Euphorbia obesa ini masih terancam. Beruntung, saat ini sudah banyak pertanian yang membudidayakannya, sehingga mereka juga turut memastikan bahwa yang diperdagangkan para kolektor bukan yang berasal dari alam.

Euphorbia obesa muda memiliki perbedaan dengan Euphorbia obsesa tua. Yang muda bentuknya bulat serupa baseball dengan diameter 6 cm, sedangkan yang tua diameternya mencapai 15 cm dengan tinggi 20 cm serta berbentuk silinder. Selain itu, tanaman ini juga menampung air yang dipakai saat musim panas.

Disekeliling Euphorbia obesa ada 8 ruas garis yang dihiasi tonjolan kecil berwarna hijau,  dengan garis yang lebih gelap atau terang, tersusun teratur di tepi. Hati-hati dengan dengan Euphorbia obesa, sebab seperti Euphorbia lainnya, getahnya mengandung racun.

No comments:

Post a Comment