Jumat, 11 Februari 2011

Hiu Putih (Great White Shark)




Hiu Putih (Great White Shark atau Carcharodon Carcharias), adalah salah satu dari hiu yang terganas di dunia. Hiu ini dapat hidup sepanjang 26.2 kaki dan berat hingga 5000 lbs (2267.96 kg) !!! Hiu ini dapat di temukan di dekat pantai, di semua lautan. jadi saat liburan di pantai, pastikan anda tidak berenang bersama hiu jenis ini!
 


Klasifikasi Hiu Putih:

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Chondrichthyes
Subclass: Elasmobranchii
Order: Lamniformes
Family: Lamnidae
Genus: Carcharodon
Species: C. carcharias

Hiu putih hidup di kedalaman laut.

Hiu putih raksasa biasanya tinggal dekat permukaan air. Hiu Putih tinggal di perairan yang bersuhu 12 - 24 °C dengan distribusi yang lebih banyak di perairan Australia, Afrika Selatan, California, New Zealand, dan di perairan Mediterania.  Salah satu tempat habitat dimana ditemukan hiu putih paling banyak adalah di Dyer Island, Afrika Selatan. 

Namun para ahli pernah menemukan hiu ini berada di kedalaman 1280 meter dari permukaan laut.
Seekor hiu putih jantan dianggap sudah dewasa saat mencapai ukuran 3.5 -4 meter sedangkan betinanya saat mencapai ukuran 4.5-5 meter, beratnya bisa mencapai 680-1100 kg dan biasanya yang betina lebih besar daripada yang jantan. Ukuran rata-rata hiu putih saat ini 6m

Hiu Putih Terpanjang.

Hiu putih raksasa terpanjang pernah ditemukan di perairan Malta dan Australia Selatan. Panjangnya tak kurang dari 7 meter, dan umurnya sekitar 30 tahun. Hiu putih terbesar yang pernah tertangkap manusia berukuran 11.3 m, yang ditangkap di New Brunswick, Kanada, pada tahun 1930

Predator utama di laut.

Hiu putih raksasa adalah predator utama di lautan. Makanannya mulai dari hiu lainnya, ikan pari, penyu, burung camar dan penguin, lumba-lumba, paus hingga kerang, cumi-cumi dan kepiting. Bahkan, hiu putih raksasa pun memakan bangkai dan sampah! Di lautan, hiu putih raksasa dikenal sebagai hewan pemangsa yang ulung. Ia akan menyergap mangsanya langsung dari bawah air dengan kecepatan tinggi, tanpa memberi kesempatan mangsanya untuk melawan. Bahkan, setelah terluka, mangsa itu tak jarang menjadi bahan permainan oleh hiu-hiu putih berusia muda. 

Hiu putih, seperti hiu pada umumnya punya gigi-gigi yang bergerigi seperti gergaji Hiu Putih adalah pemangsa puncak di lautan, jadi dapat dikatakan tidak ada ancaman untuk dimakan oleh spesies manapun. Namun kadang-kadang, hiu putih sering diserang oleh Paus orca.

Kemungkinan karena saingan makanan, soalnya paus orca juga sama-sama makan anjing laut. Pernah terlihat tahun 1997, seekor paus orca menyerang hiu putih dengan cara mambalikkan tubuh hiu putih tersebut, jadi perut hiu  menghadap ke atas, saat posisi seperti ini, biasanya hiu putih hanya bisa diam saja , seperti pingsan begitu, dan karena hiu tidak bisa bernapas kalau tidak bergerak, maka lama-kelamaan hiu putih mati sesak napas, dan selanjutnya, paus orca memakan liver hiu yang mati tadi

Meskipun di film Jaws, digambarkan hiu putih adalah hiu yang suka memangsa manusia, tetapi pada kenyataannya, hiu putih jarang memakan manusia.  Memang hiu putih juga menyerang manusia, namun biasanya bukan karena lapar, tetapi lebih ke rasa penasaran, karena bayangan manusia yang lagi berenang di laut mirip dengan bayangan anjing laut, sehingga hiu tersebutpenasaran dan menggigit.

Kebanyakan kematian akibat serangan hiu putih bukan karena dicabik-cabik sampai mati, tetapi kebanyakan karena kehilangan darah yang banyak akibat digigit tersebut. Biasanya setelah gigitan pertama, hiu putih akan segera mundur, karena sadar manusia bukan mangsa utamanya, tapi kadang-kadang juga, ada hiu yang setelah menggigit, bukan mundur tapi terus nyerang manusia.

Bermain-main dengan mangsa.

Ikan hiu putih raksasa gemar bermain-main ketika berburu. Jika mendapat mangsa burung penguin, burung ini akan diserang dari bawah air dengan kecepatan tinggi. Setelah terluka, burung penguin akan dilemparkan berulang kali dengan keras sebagai semacam permainan, terutama bagi ikan hiu putih yang masih berusia muda.

Misteri Hiu Putih

Hiu Putih merupakan hiu Purba dan melegenda di seluruh dunia. Meskipun telah banyak penelitian yang dilakukan terhadap hiu ini tapi hasilnya tetap saja MISTERI. Perilaku dan reproduksi hiu putih saat ini masih sedikit yang diketahui, dan ilmuwan masih terus mencari tahu supaya suatu saat hiu putih bisa ditangkarkan sehingga populasinya bisa pulih kembali. Saat ini status hiu putih masih vulnerable, jadi masih belum terancam punah, ini soalnya karena reproduksi hiu putih yang sangat lambat, mulai dari masa bertelur dan tumbuh dewasa yang butuh waktu yang lama.

Untungnya Hiu Putih bukan merupakan hiu yang jadi korban penangkapan nelayan buat diambil siripnya tapi hiu putih umumnya ditangkap sebagai game fish oleh pemancing-pemancing profesional

Hiu Putih ini adalah spesies terakhir yang masih bertahan dari genus Carcharodon, sehingga kalau sampai punah, maka punahlah seluruh genus carcharodon. Mari kita hormati dan kita lestarikan hiu putih ini sebagai pemangsa yang elegan dan indah, bukan sebagai hiu ganas yang haus akan darah manusia.


2 komentar:

  1. Para nelayan, tolong jangan berburu hiu putih, karena sudah punah lho.....justru lestarikanlah hiu putih dengan mengembangbiakkannya. Salam kenal n sukses Gan, kalau sempat singgah ke website-ku di: OBYEKTIF.COM

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    BalasHapus