Tuesday 8 February 2011

Jaguar



Jaguar merupakan sejenis kucing besar yang tergolong dalam genus Panthera. Binatang ini merupakan kucing liar ketiga setelah harimau dan singa, dan juga merupakan kucing terbesar di belahan Barat, khususnya Amerika Selatan. Habitat binatang ini meliputi wilayah Meksiko utara, melintasi Amerika Tengah hingga ke ParaguayArgentina dan utara dan selatan.

Jaguar Hitam
Nama Jaguar sendiri berarti "dia yang membunuh dengan satu lompatan". Jaguar yang berwarna hitam disebut Black Panther. Sekilas, jaguar mirip dengan macan tutul. tapi bila diperhatikan lebih jelas, maka tampak bahwa corak tutul di jaguar berbeda dengan corak tutul di macan tutul. Badan jaguar juga lebih besar dan lebih berotot dibandingkan macan tutul. Selain itu, jaguar juga ahli dalam memanjat dan berenang. Jaguar - jaguar yang berukuran sangat besar terdapat di hutan Amazon

Di hutan Amazon, jaguar dijuluki sebagai raja hutan Amazon. Jaguar biasa hidup sendiri. Berat jaguar antara 90 - 115 kg, sedangkan yang jantan dapat mencapai berat lebih dari 160 kg, tapi terkadang ada juga jaguar yang berukuran lebih dari itu, kurang lebih sebesar singa betina Afrika.

Jaguar tidak pilih-pilih soal apa yang akan dimakan. Meski demikian beberapa binatang yang menjadi mangsanya antara lain, ikan, kura-kura, caiman, alligator, rusa, tapir, dan telur penyu. Sesekali, meskipun jarang, dibandingkan dengan kucing besar lainnya, mereka juga diketahui menyerang manusia.Namun menurut penduduk asli di hutan hujan Amazon, salah satu makanan favorit jaguar adalah ikan.

Untuk mendapatkan ikan, jaguar memiliki trik pintar. Ia meletakkan ekor pada permukaan air untuk meniru serangga yang tenggelam di air atau buah yang jatuh mengambang di air. Mengetahui hal ini, ikan akan segera berenang ke permukaan untuk menyelidiki umpan itu dan jaguar kemudian membuat mereka keluar dari air dengan kaki nya. Hal ini membuat Jaguar,dijuluki “binatang yang paling licik di hutan Amazon”.oleh penduduk setempat

Meskipun perilaku ini telah dilaporkan sejak 1830 oleh banyak penulis yang berbeda (selalu didasarkan pada pendapat penduduk asli) tapi belum dikonfirmasi atau ditemukan oleh ilmuwan , maka hal itu masih belum dilaporkan sebagai fakta

Cara membunuh jaguar berbeda dengan kerabat lainnya sesama kucing ataupun singa, yang biasanya menggigit leher mangsa mereka atau sampai mematahkannya. Jaguar, yang memiliki rahang paling kuat dan taring terbesar,  diantara rahang kucing lainnya, akan menggigit mangsanya melalui tengkorak dan menembus otak, sehingga menyebabkan kematian dari mangsa tersebut dengan segera. 

Hal ini dikarenakan jaguar memiliki taring yang panjang dan tebal, serta rahang sangat kuat untuk melakukan hal ini (sebenarnya, gigitannya lebih kuat dari pada singa atau harimau itu, relatif terhadap ukurannya). Jaguar tidak menggigit melalui bagian atas tengkorak, melainkan menancapkan taringnya ke telinga korban.



No comments:

Post a Comment