Tuesday 15 February 2011

Phoenix, Si Burung Api


Phoenix atau biasa disebut Bennu dalam mitologi Mesir adalah burung legendaris yang keramat. Phoenix  merupakan mahkluk mistis berwujud burung api berbulu emas, mirip seekor elang, memiliki warna merah menyala, seperti api yang terbang di angkasa dan memiliki hidup abadi di berbagai kebudayaan. Burung api ini digambarkan memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah dan keemasan. 

Konon diceritakan dalam mitos tersebut bahwa Phoenix dikatakan dapat hidup selama 500 - 1461 tahun. Ketika burung itu merasa kematiannya sudah dekat (dalam siklus 500 tahun-1461 tahun), Phoenix, diceritakan akan membangun sarang dari ranting kayu manis dan membakar dirinya sendiri. 

Setelah tiga hari, dari abunya, akan bangkit phoenix baru yang masih muda, untuk memulai hidup baru. Hal inilah yang dapat membuatnya abadi. Siklus hidup burung Phoenix seperti itu (regenerasi), bangkit kembali setelah mati, lalu muncul sebagai sosok yang baru.

Phoenix disebut berasal dari matahari. Airmata Phoenix diyakini bisa menyembuhkan luka. Phoenix menjadi simbol keabadian, lambang dari siklus kehidupan setelah mati, simbol dari kebangkitan tubuh, awal dari sebuah era baru. Phoenix menjadi simbol suci pemujaan terhadap Dewa matahari di Heliopolis, Mesir. Burung phoenix simbol dari “Dewa matahari - Ra”.

Galeri Gambar




 

No comments:

Post a Comment