Kamis, 24 Februari 2011

Singa Laut (Sea Lion)



Singa laut (Zalophus californianus; bahasa Inggris: Sea Lion) merupakan hewan yang tergolong dalam golongan hewan bertulang belakang (vertebrata), kelas mamalia. Singa laut adalah hewan berdarah panas, melahirkan dan menjaga anak.

Singa laut hidup dalam ribuan kelompok besar dalam cuaca sedingin es. Mereka terlihat di Samudra Kutub Utara belahan bumi utara. Mereka dapat dengan mudah diidentifikasi dari taring mereka yang unik, kumis dan tubuhnya yang berat.

Singa Laut menghabiskan sepertiga waktu mereka di daratan atau onggokan es dan dua pertiga lainnya di laut. Singa dan anjing laut memiliki lapisan isolasi lemak, dinamakan blubber, di bawah kulit mereka. Lapisan lemak ini mengunci panas tubuh dan melindungi binatang tersebut dari suhu titik beku. Mereka tampil canggung saat di darat, tetapi anggun saat dalam air, di mana mereka merasa paling nyaman. Singa Laut bisa hidup selama empat puluh tahun atau lebih.

Singa laut jantan baru kawin dengan betina saat dewasa atau empat tahun. Sebelum mencapai masa itu, mereka terlibat dalam hubungan asmara sejenis. Singa laut jantan yang sudah dewasa umumnya biseksual: berhubungan dengan betina di musim kawin, dan menghabiskan sisa tahun bersama jantan-jantan muda. Caranya dengan saling menggesek badan dan tidur bareng di air.

Perilaku Adopsi pada Singa Laut 

Singa laut ternyata juga bisa peduli pada sesamanya yang yatim piatu.pada pasangan induk-bayi yang materi genetiknya tidak identik, induk bayi sebenarnya telah melakukan perilaku adopsi. Bayi-bayi yang diadopsi mungkin terpisah dari induk aslinya atau kehilangan induknya saat masih butuh pengasuhan.

Sebenarnya, ada perilaku mengasuh lain juga di dalam dunia singa laut yang disebut alloparenting. Perilaku itu merujuk pada pengasuhan bayi sementara oleh induk lain. perilaku ini sangat membantu kelangsungan hidup dan populasi singa laut dalam jangka panjang.

Singa Laut Kalifornia (Californian Sea Lion)

Merupakan binatang Pinnipedia yang paling terkenal, singa laut ini memiliki kepala dengan moncong tajam dan bentuknya mengingatkan kita kepada anjing. Bulunya pendek, sedangkan kaki siripnya panjang berkulit kasar dan memiliki kuku.

Singa laut Kalifornia yang berjenis kelamin jantan, pada saat menejlang kawin, mereka menetapkan daerah kekuasaannya untuk berkembang biak di pantai. Musim kawin biasa terjadi mulai bulan Mei sampai Juli di sepanjang pantai Kalifornia bagian Selatan dan Baja Kalifornia. Tempat berkembang biak ini disebut sarang (rookery), dan merupakan tempat yang sangat berisik! Singa laut jantan menggonggong terus menerus ketika mempertahankan sarang mereka.

Anak-anak singa laut terlahir dengan mata terbuka dan dapat mengeluarkan suara. Anak-anak singa laut ini tampaknya dapat berenang ketika dilahirkan, meskipun gerakan mereka belum berkoordinasi dengan baik. Beberapa hari setelah anak-anak singa laut dilahirkan, induk-induk mereka meninggalkan bayi-bayi singa laut ini di sangkar untuk mencari makanan di laut. 

Ketika induk-induk singa laut kembali dari berburu, mereka mengeluarkan suara keras seperti suara terompet, yang akan dijawab dengan suara mengembik dari anak-anak singa laut. Suara-suara ini akan terus dikeluarkan sampai induk singa laut menemukan anaknya. Akhirnya induk singa laut mencium bau anak singa laut untuk mengenali anaknya yang sebenarnya.

Suara raungan singa laut yang keras membantu menjelaskan mengapa singa laut dinamakan "singa" sesuai dengan singa yang hidup di daratan. Singa laut jantan di beberapa spesies bahkan memiliki bulu yang tumbuh pada tengkuk di sekitar leher mereka. 

Galeri Gambar



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar