Saturday 12 March 2011

Botani


Botani - adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk tumbuhan dan kehidupannya. Botani  mengkhususkan diri dalam mempelajari seluruh aspek biologi tumbuh-tumbuhan. Bidang botani mempelajari semua disiplin ilmu biologi guna  mempelajari pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, perkembangan, interaksi dengan komponen biotik dan komponen abiotik, serta evolusi tumbuhan. 

Salah satu cabang ilmu botani adalah Botani Mangrove, yang membahas secara khusus tentang seluk beluk mangrove mulai dari taksonomi dan klasifikasi, habitat, ekosistem serta keterkaitan dengan peranan penting dalam homeostatis lingkungan.

Salah seorang tokoh ilmu Botani yang sangat terkenal adalah Theopratus, murid Aristoteles. Dua buah tulisannya yang terkenal adalah , History of plants dan Causes of Plants, keduanya mempengaruhi Ilmu Botani hingga abad 17. Dia dipandang sebagai Bapak Ilmu Botani. Tulisan tersebut mencakup judul-judul yang beraneka ragam seperti morfologi, klasifikasi, pembiakan dengan biji dan secara vegetatif, geografi tumbuhan, kehutanan, horikultur, parmakologi, hama dan bau serta rasa tanaman. Diperbincangkan sebanyak 500 tanaman liar dan tanaman pertanian. 

ia membedakan Angiospermae dan Gymnospermae, Monokotil dan Dikotil, membahas pembentukan lingkaran tahun dan cara-cara mengumpulkan damar (resins) dan ter. Bahkan membahas penyerbukan pohon kurma betina dengan bunga-bunga dari pohon jantan yang tak berbuah. Hal ini merupakan pengetahuan kelamin pada tanam, sesuatu yang lama menghilang dan baru diketahui lagi 2.000 tahun berikutnya.

No comments:

Post a Comment