Saturday 9 April 2011

Charles Thomson Rees Wilson



Charles Thomson Rees Wilson CH (14 Februari 1869-15 November 1959) adalah fisikawan Skotlandia yang menemukan kamar awan. Atas penemuan ini, Wilson menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika 1927. Kamar awan disempurnakan oleh Blackett dan dimodifikasi oleh Donald Arthur Glaser.

Charles Thomson Rees Wilson lahir pada 14 Februari 1869, di wilayah Glencorse, dekat Edinburgh. Ayahnya bernama John Wilson, adalah seorang petani dan nenek moyangnya telah menjadi petani di Skotlandia Selatan, sejak beberapa generasi. Ibunya bernam Annie Clerk Harper.

Pada usia empat tahun, ayahnya meninggal dan ibunya kemudian pindah bersama keluarganya ke Manchester, dimana ia mendapatkan pendidikan pertamanya pada sekolah privat dan kemudian ke Owen's College, yang sekarang bernama University of Manchester. Di sini ia bermaksud untuk menjadi seorang ahli  fisika. Wilson mengambil mata pelajaran biologi. 

Setelah mendapatkan bea siswa pada tahun 1888, ia pergi ke Cambridge (Sidney Sussex College), dimana ia mendapatkan gelarnya, tahun1892. Di sini ia menjadi sangat tertarik pada ilmu alam, khususnya fisika dan kimia.  Ada kemungkinan, keputusan Wilson untuk enggan masuk kedokteran, dipengaruhi oleh Balfour Stewart,  professor fisika pada Owen's College, waktu itu. Sekitar 12 tahun sebelumnya, J. J. Thomson, yang juga pergi ke Cambridge, telah lulus dari College yang sama.

No comments:

Post a Comment