Sunday 17 April 2011

Hebe




Hebe dalam mitologi Yunani adalah dewi masa muda yang paling abadi dengan kencantikannya. Nama Hebe dalam bahasa Yunani berarti "masa muda" atau "keutamaan kehidupan". Demikian juga Juventas, bermakna "masa muda", adaptasinya di antaranya adalah juvenile ("anak muda").Dia adalah seorang pembawa cawan dan piala-piala emas berisi nectar dan ambrosia atau anggur yang dihidangkan bagi para dewa. Ia menyerahkan posisinya di Olimpus untuk menikahi Herkules [anak Zeus] yang kemudian menjadi dewa setelah wafat.

Dia juga biasanya bertugas menyiapkan mandi untuk Ares dan membantu Hera menaiki keretanya. Bersama Herakles, Hebe mempunyai dua anak; Alexiares dan Aniketus. Dalam mitologi Romawi, Hebe disamakan dengan Juventas, dewi yang menerma koin dari anak laki-laki yang mengenakan toga lelaki dewasa untuk pertama kalinya.
 

Hebe adalah contoh sempurna semua sifat baik yang dimiliki seorang gadis, santun terhadap orangtua dan menghormati saudara-saudaranya yang lebih tua. Hebe sering menemani ibunya bepergian ke Olympia, karena di kota ini terdapat kuil yang paling indah dari semua kuil yang dipersembahkan bagi Hera, yaitu Heraion.

No comments:

Post a Comment