Tuesday 26 April 2011

Mars

Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari dan planet terbesar ke tujuh. Namanya diambil dari nama Dewa perang Romawi. Namun planet ini juga dikenal sebagai planet merah, karena penampakannya yang kemerah-merahan. Nama bulan Maret berasal dari Mars dan Mars sudah dikenal sejak jaman prasejarah
Lingkungan Mars lebih bersahabat bagi kehidupan dibandingkan keadaan Planet Venus. Meski demikian, keadaan tersebut belum cukup ideal bagi manusia. iIulah sebabnya Mars masih sering muncul dalam cerita-cerita fiksi ilmiah, sebagai tempat yang mirip dengan bumi, tempat tinggal manusia saat ini.

Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah, ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar karbondioksida, menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernapasan, jika ingin tinggal di sana. 

Misi-misi ke planet merah ini, sampai penghujung abad ke-20, belum menemukan jejak kehidupan di sana, meskipun yang amat sederhana. Pesawat ruang angkasa pertama yang mengunjungi Mars adalah Mariner 4, pada tahun 1965. dan pesawat ruang angkasa pertama yang mendarat di Mars adalah Mars 2, diikuti oleh 2 pesawat Viking pada tahun 1976. Selanjutnya Mars Pathfinder, berhasil mendarat di Mars 4 Juli 1997. pada tahun 2004, sebuah misi ke Mars "Spirit and Opportunity", berhasil mendarat di Mars, mengambil data-data geologi dan banyak gambar ke Bumi, selama tiga tahun.

Planet ini memiliki 2 buah satelit, yaitu Phobos dan Deimos. Planet ini mengorbit selama 687 hari dalam mengelilingi matahari. Planet ini juga berotasi. Masa rotasinya 25,62 jam.

Dalam mitologi Yunani, Mars identik dengan dewa perang, yaitu Aries, putra dari Zeus dan Hera.

Di planet Mars, terdapat sebuah fitur unik di daerah Cydonia Mensae. Fitur ini merupakan sebuah perbukitan yang bila dilihat dari atas nampak sepert wajah manusia. Banyak orang yang menganggapnya sebagai sebuah bukti dari peradaban yang telah lama musnah di Mars, walaupun di masa kini, telah terbukti bahwa fitur tersebut hanyalah sebuah kenampakan alam biasa.

Ciri fisik

Mars mempunyai sekitar setengah jari-jari Bumi. Planet ini kurang padat bila dibandingkan dengan Bumi, dan hanya memunyai sekitar 15% volume dan 11% massa Bumi. Luas permukaannya lebih kecil dari jumlah wilayah kering di Bumi. Mars lebih besar daripada Merkurius, tetapi Merkurius lebih padat. Akibatnya kedua planet mempunyai tarikan gravitasi yang hampir mirip di permukaan, tetapi tarikan Mars lebih kuat sekitar kurang dari 1%. 

orbit : 227,940,000 km (1.52 AU ) from Sun Orbit : 227.940.000 km (1.52 AU ) dari Sun diameter : 6,794 km Diameter : 6.794 km mass : 6.4219e23 kg massa : kg 6.4219e23 Orbit : 227.940.000 km (1.52 AU ) dari Sun diameter : 6,794 km Diameter : 6.794 km mass : 6.4219e23 kg massa : kg 6.4219e23
Orbit : 227.940.000 km (1.52 AU ) dari Matahari, diameter : 6,794 km, massa : 6.4219e23 kg.

Ukuran, massa, dan gravitasi permukaan Mars merupakan "pertengahan" antara Bumi dan Bulan. Diameter Bulan hanya setengah dari Mars, sementara Bumi dua kalinya; Bumi sembilan kali lebih besar dari Mars, dan Bulan satu per sembilannya. Kenampakan permukaan Mars yang merah-jingga diakibatkan oleh keberadaa.

Geologi

Berdasarkan pengamatan orbit dan pemeriksaan terhadap kumpulan meteorit Mars, permukaan Mars terdiri dari basalt. Beberapa bukti menunjukkan bahwa sebagian permukaan Mars memunyai silika yang lebih kaya daripada basalt biasa, dan mungkin mirip dengan batu-batu andesitik di Bumi. Sebagian besar permukaan Mars dilapisi oleh debu besi (III) oksida yang memberinya kenampakan merah.

Saat ini Mars tidak memunyai medan magnet global, namun hasil pengamatan menunjukkan bahwa sebagian kerak planet termagnetisasi, dan medan magnet global pernah ada di masa lalu.


No comments:

Post a Comment