Thursday 21 April 2011

Persalinan Tanpa Nyeri (Painless Labour)


Nyeri pada saat persalinan adalah sesuatu yang fisiologis. Tetapi meski fisiologis, bagaimanpun juga, nyeri adalah ssesuatu yang tidak diinginkan oleh siapa pun dan merupakan suatu pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Itulah sebabnya saat ini banyak ibu-ibu yang menginginkan menjalani persalinan dengan memilih operasi caesar. Ada alternatif lain yang dapat dilakukan untuk menghindari rasa nyeri tersebut yakni dengan cara persalinan normal tanpa rasa nyeri (painless labour). Hal ini sebenarnya sudah lama di lakukan hanya saja belum terlalu familiar. Painless labour adalah persalinan normal, tetapi tidak di sertai rasa nyeri. Hal ini dapat di lakukan dengan melibatkan ahli anastesi pada saat persalinan.

Begitu ibu hamil telah merasakan kontraksi maka dimulai proses pemberian obat-obatan untuk menghilangkan rasa nyeri ini. Dosis obat yang diberikan pun lebih rendah dibandingkan dengan proses operasi, obat yang diberikan dikhususkan pada daerah sensitif si ibu hamil seperti otonom, sensitive, dan motorik  dosis yang diberikan benar-benar diatur, sehingga yang dihilangkan hanyalah rasa nyerinya. Obat diberikan pada saat proses bukaan 3.

Proses persalinan ini sama sekali tidak membahayakan bagi si calon bayi. Pada persalinan ini ahli anastesi di anjurkan untuk selalu mendampingi pada saat proses persalinan. Karena pada persalinan normal dapat menghabiskan waktu 30 menit – 6 jam.

Manfaat dari persalinan adalah adanya perasaan tenang saat menjalani proses persalinan. Setiap hal pastilah ada akibat yang di timbulkan, pada proses persalinan ini terkadang muncul rasa gatal, mual, muntah, serta penurunan tekanan darah. Walaupun hal ini sangat jarang terjadi namun penting untuk diadakannya komunikasi antara si calon ibu dan dokter.

Persalinan tanpa rasa nyeri sebaiknya dilakukan pada rumah sakit yang memiliki ruang operasi yang lengkap, sehingga apabila terjadi sesuatu pada saat proses ini dapat dengan cepat ditangani.

Untuk segi biaya persalinan ini memang lebih mahal, tetapi apabila di bandingakan dengan operasi caesar jauh lebih murah. Namun karena kurangnya perngetahuan tentang persalinan tanpa rasa nyeri, untuk saat ini hanya 5 % dari ibu-ibu hamil yang memilih melahirkan dengan proses persalinan tanpa rasa nyeri.

1 comment:

  1. I don't agree the pain during labour is psychological. I believe that almost every woman that want a painless labour must think of using some kind of tool.

    ReplyDelete