Sunday 10 July 2011

Propolis

Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah. Propolis dikumpulkan oleh lebah dari tumbuh-tumbuhan atau pucuk muda dan kulit pohon, terutama pohon poplar, serta dicampur dengan air liurnya yang digunakan untuk menambal lubang dalam sarang lebah yang melindungi lebah dari berbagai serangan bakteri, jamur, dan virus.

Lebah mengumpulkan komponen-komponen dari bunga, daun muda dan dari kulit tumbuhan, lalu dicampur dengan liur dan lilin lebah sehingga terbentuklah propolis. Diperkirakan dari 200.000 ekor lebah hanya menghasilkan kurang lebih 20 gram propolis dalam setahun.


 
Kata Porpolis berasal dari bahasa Yunani, pro berarti sebelum, dan polis berarti kota atau sistem pertahanan kota.
Kandungan Propolis:

Propolis mengandung protein (16 jenis rantai asam amino bebas), 14 trace mineral terutama zat besi dan seng, vitamnin A, B kompleks, C,D,E,Biotin, Bioflavonoid, Glukosa dan Zat Nutrisi penting Lainnya.
Dalam satu tetes Propolis terdapat Bioflavonoid yang setara dengan yang terkandung dalam 500 buah jeruk.

Manfaat Propolis

Propolis telah terbukti memiliki banyak manfaat sebagai solusi masalah kesehatan. Bagi manusia propolis berguna untuk :
1. Detoksifikasi (Pembuangan racun dari dalam tubuh)
2. Antibiotika alami (antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur),
3. Anti Radang
4. Anti Alergi
5. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
6. Anti Oksidan (menangkal radikal bebas, mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
7. Nutrisi (memperbaiki sel dan regenerasi sel tubuh)

Tidaklah mengherankan bila propolis mampu membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. 
 
Propolis mengandung zat yang dapat menetralkan racun yang terakumulasi di dalam tubuh manusia dan propolis  mengandung zat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu bioflavonoid. Bioflavonoid juga bekerja sebagai  antibiotika alami yang dapat menghancurkan bakteri , jamur dan membersihkan virus dari dalam tubuh.

Tahapan berikutnya adalah perbaikan sel pada jaringan atau organ yang rusak. Karena propolis dapat memperkuat dan mempercepat regenerasi sel.


Artikel Rintisan : Anda dapat menambahkan informasi tentang hal ini

No comments:

Post a Comment