Thursday 14 July 2011

Sikap Mental Positif

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna ciptaan Tuhan yang dilengkapi dengan akal dan perasaan. Pada dasarnya, "porsi" yang diberikan adalah sama besar pada masing-masing manusia. Yang membedakan hanyalah cara menyeimbangkan kedua aspek tersebut. Proses penyeimbangan itu bermula saat manusia beranjak dewasa. 

Dalam dunia kerja, mental manusia akan ditempa dan prosesnya akan berbeda dengan pada saat dalam jenjang pendidikan. Hasil penempaan mental itu mempunyai dampak yang berbeda pada masing-masing individu. Untuk menjalaninya, masing-masing individu harus menumbuhkan positive mental attitude atau sikap mental yang positif.

Dengan berfikir secara positif, manusia bisa menjalankan kehidupannya dengan gembira. Seluruh beban pekerjaan yang setiap hari diemban akan terasa jauh lebih ringan dan akan terasa lebih cepat  terselesaikan. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Awali pagi dengan senyum. 

Dengan memberikan aura keceriaan di pagi hari, seseorang akan merasa ringan dan tidak terbebani oleh pekerjaan. Meskipun harus bergelut dengan kemacetan, disambangi oleh deadline yang menumpuk, dan segala tuntutan atasan yang tidak bisa ditawar maka buatlah diri seceria mungkin.

2. Bayangkan sesuatu yang menyenangkan. 

Sugestikan diri dengan hal-hal menyenangkan. Dengan memberikan sugesti diri, maka secara perlahan seseorang akan terbawa oleh sugestinya sendiri. Misalnya, bayangkan Anda akan mendapat uang yang banyak, atau bayangkan Anda akan bertemu orang terkasih, atau cuti panjang bersama keluarga.

3. Senandungkan lagu kesukaan. 

Banyak yang bilang bahwa bernyanyi dapat merubah mood. Namun, senandungkanlah lagu-lagu yang ceria, jangan sampai mood menjadi rusak karena bersenandung lagu sedih.

4. Selalu berpikir positif. 

Jangan biarkan sedikit pun pikiran negatif merasuki alam pikir Anda, karena menurut “law of attraction”, apa yang Anda pikirkan adalah apa yang akan Anda dapatkan. Jadi, tetaplah berpikir positif.

5. Lakukan semuanya dengan Ikhlas. 

Hal ini juga sangat menunjang Anda dalam segala bidang. Karena jika segala aktivitas Anda dilakukan dengan ikhlas, maka secara tidak langsung Anda pun akan merasa nyaman melakukannya.

6 Apa yang Anda lakukan adalah cerminan diri Anda sendiri. 

Memiliki pribadi yang baik, tentunya untuk menyenangkan semua orang termasuk rekan kerja, sehingga akan lebih mudah mempererat hubungan kerjasama dengan klien. Orang akan menjadi lebih mudah bersimpati terhadap Anda. Suasana kerja yang kondusif akan dapat meningkatkan kinerja Anda.

No comments:

Post a Comment