Friday 9 September 2011

Cetiosaurus

 
Cetiosaurus merupakan salah satu dari beberapa jenis Sauropoda yang muncul paling dahulu, pada pertengahan sampai akhir periode Jurasic. Jenis Sauropoda lainnya, adalah Brachiosaurus, Diplodocid, Camarasaurus, Titanosaurus. 

Dinosaurus ini memiliki leher yang panjang dengan kepala yang kecil dan ekor yang sangat panjang. Ia berjalan dengan keempat kakinya dan setiap langkahnya dapat menggetarkan bumi. Seperti halnya semua jenis Sauropoda, hewan ini termasuk herbivora (pemakan tumbuhan), dengan lehernya yang panjang ia menjangkau dedaunan yang tinggi. Panjang tubuhnya dari kepala sampai ekor kira-kira 15 - 18 meter dan beratnya antara 10 - 25 ton.

Fosil Cetiosaurus pertama kali ditemukan tahun 1841 di Kepulauan Wight, Inggris dan diberi nama oleh Sir Richard Owen. Awalnya ia mengira bahwa tulang yang ditemukannya itu adalah merupakan sebagian kecil dari reptil laut yang besar. Beberapa bagian dari Cetiosaurus ditemukan pada akhir tahun 1940-an dan penemuan ini mencapai keadaan hampir lengkap pada tahun 1868. Thomas Huxley baru mengenali Cetiosaurus sebagai dinosaurus pada tahun 1869. beberapa bagian tulang dinosaurus ini sebenarnya sudah berhasil diisolasi pada akhir abad 18.

No comments:

Post a Comment