Minggu, 04 September 2011

Kanguru


Kanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguru. Kanguru memiliki kebiasaan tidur pada siang hari dengan udara yang panas dan berkembang biak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman  baru.

Tidak semua kanguru memiliki kantung, hanya kangguru betinalah yang memiliki kantung. Kekhasan genetik lah yang membuat Kanguru memeiliki perbedaan fisik dengan hewan lainnya, dimana kanguru betina akan kemiliki kantung di perutnya, dan biasa digunakan untuk menggendong anaknya. Anak kanguru akan selalu memiliki naluri untyuk berlindung di dalam kantung induknya, terutama di masa ia masih kecil, Selain itu anak kanguru yang masih kecil juga meminum ASI yang bisa diperolehnya dari dalam kantung tersebut.


Zoologi

Ada tiga spesies kanguru:
  • Kanguru Merah Kanguru Merah adalah hewan marsupial terbesar yang masih hidup. Apabila berdiri tingginya dapat mencapai lebih dari 2 meter dan bobotnya mencapai 90 kg. Kanguru jenis ini biasanya bergerak dalam kelompok besar. Mereka tidur di kala siang yang hawanya paling panas. Apabila tidak ada air, mereka akan mencari kelembaban dari tumbuhan hijau. Mereka juga hanya akan berkembangbiak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman baru.
  • Kanguru Abu-abu Timur Kanguru Abu-abu Timur dapat ditemukan di daerah subur Australia bagian timur. 
  • Kanguru Abu-abu Barat Kanguru Abu-abu Barat dapat ditemukan di Australia bagian barat, Australia bagian selatan yang dekat dengan pantai dan basin Sungai Darling. Kanguru Abu-abu sangat banyak jumlahnya. Mereka hidup di hutan-hutan eukaliptus yang terbuka dan di daerah berumput. Mereka memakan rumput.

Asal Nama

Asal nama kangguru punya cerita unik. Pada suatu hari, pelaut Amerika \ Inggris mendarat di Australia. Pelaut itu lalu melihat seekor hewan yang sangat unik, berkantung. Pelaut itu lalu bertanya pada suku Aborigin, suku asli Australia di sana. Binatang apa itu? Suku Aborigin pun menjawab.Kang-Ga-Roo. Pelaut menganggap Kanggaroo adalah nama hewan itu. maka mereka menamainya Kanggaroo, atau di Indonesia lebih sering terdengar Kanguru. Padahal, orang Aborigin itu berkata, Saya tidak mengerti!

 

Makropod

 

Sebagai tambahan, ada 60 makropod yang lebih kecil yang masih berhubungan dengan kanguru yaitu:

  • Dorkopsis
  • Kangguru pohon. Kanguru jenis ini hidupnya di atas pohon. Pada siang hari mereka tidur di dahan-dahan pohon. Pada malam hari mereka makan daun dan buah. Kanguru Pohon bisa ditemukan di hutan hujan tropis yang padat di Guinea Baru dan Australia bagian timur laut. Beberapa kanguru Pohon adalah hewan yang dilindungi. Kebanyakan dari mereka hampir punah disebabkan oleh perusakan lingkungan.
  • Wallabi merupakan Kanguru berukuran sedang lebih kecil daripada Wallaroo. Tinggi badannya lebih rendah daripada manusia dewasa.
  • Wallaroo
  • Pademelon adalah Kanguru dengan ukuran tubuh terkecil. Ekor mereka lebih pendek & tebal dibandingkan Wallabi. Kebanyakan Pademelon hidup di hutan belantara.
  • Quokka


Deskripsi Fisik

Kanguru mempunyai dua kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar didesain untuk meloncat. Kanguru biasa melompat dengan kecepatan 20-25 km/jam. Tapi mereka bisa melompat hingga kecepatannya menjadi 70 km/jam. Harapan hidup kanguru sekitar 9-18 tahun. Walau kadang-kadang ada kanguru yang bisa bertahan hidup hingga 28 tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar