Sunday 23 October 2011

Dark Energy (Energi Gelap)


Dark Energy (Energi gelap) adalah suatu bentuk hipotesis dari energi yang mengisi seluruh ruang dan memiliki tekanan negatif yang kuat. Menurut teori relativitas umum, efek dari adanya tekanan negatif secara kualitatif serupa dengan memiliki gaya pada skala besar yang bekerja secara berlawanan terhadap gravitasi.

Yang benar-benar telah semua orang di planet bingung – termasuk para ilmuwan – adalah energi gelap. Untuk melanjutkan pai analogi, energi gelap adalah bagian berukuran Garfield di 73 persen dari alam semesta yang diketahui. Sepertinya menyerap semua ruang dan mendorong galaksi jauh dan semakin jauh dari satu sama lain pada kecepatan semakin cepat. Beberapa ahli kosmologi mengira ekspansi ini akan meninggalkan galaksi Bima Sakti sebagai “pulau alam semesta” dalam beberapa triliun tahun tanpa terlihat galaksi-galaksi lain. Orang lain berpikir tingkat ekspansi akan menjadi begitu besar sehingga akan menghasilkan sebuah “Big Rip.” 

Dalam skenario ini, gaya gravitasi energi gelap membongkar mengatasi bintang-bintang dan planet-planet, kekuatan-kekuatan partikel-partikel tetap bersatu, molekul-molekul dalam partikel-partikel tersebut, dan akhirnya atom-atom dan partikel-partikel subatomik. Syukurlah, mungkin manusia tidak akan sekitar untuk menjadi saksi bencana alam.

No comments:

Post a Comment