Tuesday 15 November 2011

Zaman Jurassic


Zaman Jurassic berlangsung antara 208 - 144 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini, Amonit dan Belemnit sangat umum. Reptilia meningkat jumlahnya. Dinosaurus menguasai daratan, Ichtiyosaurus berburu di dalam lautan dan Pterosaurus merajai angkasa. Banyak dinosaurus tumbuh dalam ukuran yang luar biasa. Burung sejati pertama (Archeopterya) berevolusi dan banyak jenis buaya berkembang. Tumbuhan Konifer menjadi umum, sementara Bennefit dan Sequola melimpah pada waktu ini.


Pangea terpecah, dimana Amerika Utara memisahkan diri dari Afrika sedangkan Amerika Selatan melepaskan diri dari Antartika dan Australia.

Anggota filum coelenterata yang lebih dkenal sebagai binatang koral mempunyai peran penting dalam pembentukan batu gamping yang berumur Malm dan kerapkali merupakan bioherm. Demikian juga anggota filum Porifera kerapkali juga membentuk terumbu2 yang berwarna putih dan dikenal pula sebagai batu gamping berumur Malm yang berasosiasi dengan anggota filum Coelenterata. Apiocrinus Pentacrinus Cidaris Diceras Gryphea Ammonit.

Anggota pilum Echinodermata diwakili oleh genus Apiocrinus dan Pentacrinus serta genus Cidaris. Jenis2 tersebut berkembang terutama selama Dogger (Yura tengah) dalam bentuk batu gamping. Pilum Mollusca antara lain diwakili oleh Diceras dan Gryphea (yang termasuk dalam kelas Pelecypoda). Di samping itu yang sangat menarik perhatian adalah golongan Ammonit (yang termasuk ke dalam kelas Cephalopoda). Pada akhir zaman Trias semua jenis Ammonit punah kecuali famili Phylloceratidae yang didalam hal ini diwakili oleh genus Phylloceras dan juga dapat dipergunakan sebagai fosil penunjuk untuk zaman Jura. Nerinea tuberculosa
Disamping itu tidak ketinggalan pula anggota kelas Gastropoda, yang antara lain : Nerinea tuberculosa, Tubo ornatum, dan Natica hemissphierica sebagai penunjuk zaman Jura.

Sedangkan golongan binatang vertebrata yang menarik perhatian adalah yang termasuk kelompok dinosaurus. Dalam hal ini yang khas menunjukkan umur Yura adalah Camptosaurus, Stegosaurus, Allosaurus dan Brontosaurus. Untuk golongan reptilia diwakili oleh Rhamporhyncus, (Reptilia terbang), yang khas pada zaman Jura atas dijumpai pada batu gamping lithografi yang terdapat di daerah Solenhaven dan di Bavaria; Dimorphodon yang dijumpai pada serpih yang berumur jura bawah ditemukan di Lyme Regis dan di Inggris. 

Untuk golongan Reptilia yang hidup di laut diwakili oleh Ichtyosaurus, Plesiosaurus. Yang menarik perhatian adalah munculnya golongan burung yang pertama dalam sejarah bumi yang dalam hal ini diwakili oleh Archaeopteryx, yang dijumpai dalam bentuk fosil tikas pada batu gamping litografi yang berumur jura akhir di daerah solenhaven dan Bavaria.
Untuk golongan flora diwakili oleh kelompok paku2an antara lain yang khas pada zaman Yura adalah Nelubium, Castalia dan Magnolia.
Brontosaurus
Berbeda dengan jenis2 yang disebut di atas, Brontosaurus merupakan salah satu anggota dinosaurus yang terbesar yang hidup dan pernah dijumpai dalam bentuk fosil di amerika dan berkembang biak hingga jaman yura. Dari kerangka yang telah berhasil direkonstruksi jenis brontosaurus mempunyai tinggi tubuh sampai 6 meter dengan panjang mencapai 22 meter. Archaeopteryx
Di antara jenis burung yang pertama kali dikenal pada zaman yura atas adalah Archaeopteryx yang merupakan salah satu perkembangan kehidupan yang nyata pada zaman ini dimana hal tersebut belum pernah terjadi pada zaman sebelumnya. Rhamporhyncus Plesiosaurus Plesiosaurus Rhamporhyncus
Selain itu, pada zaman ini dijumpai pula sebangsa reptilia terbang yaitu dari jenis Rhamporhynchus. Dan baru dikenal pada zaman yura atas. Reptilia yang lain dikenal adalah Dimorphodon yang hidup di darat dengan panjang tubuh 1 meter dikenal pada zaman yura bawah. Fosil binatang ini didapatkan pada batu lempung di daerah Lyme Regis Inggris. Ichtyosaurus yang merupakan anggota reptilia dengan panjang tubuh 3, 4 meter dan Plesiosaurus, keduanya merupakan reptilia yang hidup di laut yang muncul pula pada zaman ini.
Yang menarik perhatian adalah adanya holongan mamalia yang khas pada masa mesozoikum yang baru muncul pada akhir zaman trias ataupun permulaan zaman yura. Mamalia Mesozoikum tersebut antara lain dari jenis tricodonta, symmetridonta, multituberculata, decodonta dan Pantotheria. Untuk jenis multituberculata dapat bertahan hidup sampai paleosen, sedangkan yang lainnya tidak diketahui dengan pasti bilamana jenis2 tersebut punah. Cycadeoidea
Untuk jenis flora, golongan Cycadeoidea merupakan salah satu diantaranya yang berkembang dengan baik.

No comments:

Post a Comment