Monday 26 December 2011

Kucing



Kucing (Felis silvestrid-catus), pada dasarnya adalah hewan karnivora. Jenis kucing ras di seluruh dunia amat banyak. Setiap ras memiliki ciri khusus, tapi karena sering terjadi kawin silang antar ras, maka untuk mempermudah, banyak kucing yang hanya dikelompokkan berdasarkan jenis bulu panjang dan bulu pendek, tergantung jenis rambut penutup tubuhnya.
Kucing Rumahan

Yang dimaksud dengan kucing rumahan ialah kucing yang biasanya dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Kucing rumahan termasuk  salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu species, mengalahkan kucing besar (seperti singa, harimau, dan sejenisnya), yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 species . Namun, karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagi manusia, kecuali jika terinfeksi rabies.

Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka. Namun, percaya atau tidak, di dunia ini hanya terdapat 1% populasi kucing di dunia yang termasuk galur murni (purew brweed) atau kucing ras, sewhingga sangatlah sulit didapatkan. Kalau toh ada, biasanya tercatat dan dibiakkan pada tempat pemeliharaan resmi. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagai ras atau biasa yang kita sebut sebagai kucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan mahal harganya.

Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kg, tetapi  jarang yang dapat melebihi 10 kg, kecuali diberi makan berlebih. Si pussy bisa mencapai berat badan 23 kg.

Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, dimana kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun! Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.

Kucing termasuk hewan yang sangat suka kebersihan. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liurnya  adalah agen pembersih yang kuat, tetapi dapat menjadi pemicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya.

Pada abad pertengahan kucing dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan cara dibakar dan dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebar dengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat tahyul itu. Hal itu disebabkan banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukan, sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabah pes tersebut.

Jenis kucing yang paling kecil adalah kucing berbulu bintik-bintik, yang ditemukan di Sri Lanka. Ukurannya setengah ukuran kucing kampung. Sedangkan kucing yang terbesar adalah seekor harimau. Harimau jantan Siberia atau harimau Amur mempunyai panjang badan keseluruhan lebih dari 3m (10 ft) dan berat badan hingga 300kg (660 lb).

Pada mata kucing terdapat lapisan pemantul cahaya yang dinamakan tapetum lucidum, yang menyebabkan mata kucing berpendar di malam hari. Lapisan pemantul ini dapat menyerap cahaya 6 kali lebih kuat daripada mata manusia, sehingga memungkinkan kucing untuk dapat melihat di kegelapan.

Jenis-jenis Kucing

Turkish Van 


Turkish Van adalah salah satu jenis yang paling keren dan banyak dipelihara manusia. Turkish Van memiliki bulu yang cukup tebal, terlihat kasar tapi lembut. Uniknya bulu Turkish Van seperti bulu bebek. Bila bulunya terkena air, dalam beberapa saat akan segera mengering. Bulunya seperti dilapisi minyak, seperti bulu bebek. Populasi Turkish Van banyak ditemukan di USA.
Itulah beberapa jenis kucing yang bisa saya tuliskan.

Ragdoll


Ragdoll adalah jenis kucing yang paling digemari oleh manusia. Tidak hanya itu, harga jual Ragdoll bisa bernilai tinggi, hingga jutaan bahkan puluhan juta rupiah.
Ciri-ciri fisik Ragdoll :
  • Memiliki tubuh dan berat yang besar. Kucing Betina (5-7,5 kg) dan kucing jantan (6-10 Kg)
  • memiliki panggul yang besar
  • Bulu medium panjang dan teksturnya mirip dengan kelinci
  • Bagian dada lebar
  • Menjadi kucing dewasa pada umur sekitar 3 tahun
  • Mempunyai 4 jenis warna yaitu seal , blue, chocolate dan, lilac
  • Pada saat anak kucing, ragdoll lahir dengan warna putih kemudian baru warna-warna lain muncul.
Manx  


Sebagian orang menyebutnya Rumpy. Ekornya pendek, Warna bulunya cokelat dan lavender. Sifatnya setia, ramah dan pintar.


Kucing Toyger



Kucing Toyger adalah kucing yang mempunyai ukuran sedang, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Riwayat kesehatan kucing jenis ini tergolong cukup baik dan jarang sakit. Toyger mempunyai penampilan yang cukup gagah, dengan loreng-loreng oranye berselang hitam, mirip pada bulu harimau. Yang membedakannya dengan harimau mungkin hanya ukuran badannya saja. Secara umum, toyger adalah jenis kucing yang sering kita jumpai.

Maine Coon  
Maine coon berasal dari Maine, Amerika Serikat keturunan Angora dan American Shorthair. Maine Coon adalah salah satu kucing yang memiliki adaptasi tubuh yang sangat bagus terhadap hawa dingin. Terbukti, mereka mampu bertahan hidup di salju. Sifatnya lucu, pemalu tapi mau, dan mudah akrab. Bulunya tipis, lembut, dan warnanya beragam. Ciri-ciri Maine Coon adalah sebagai berikut :
  • Badan besar dan panjang serat agak berbentuk segi empat
  • Mata lebar serta oval
  • Hidung lebar dan melengkung di ujungnya
  • Ekor panjang dan lebar
  • Memiliki tulang dan otot yang kuat
  • Teling besar (lebar di bawah)
  • Dahi melengkung
  • Otot pipi sangat menonjol
  • Seperti dijelaskan diatas bulunya tebal dan tahan air (sedikit berminyak)
Siamese

Siamese berasal dari negara Thailand. Kenapa disebut Siamese? karena dahulu negara Thailand bernama Siamese. Jadi pas kan dengan nama kucing yang satu ini? Orang Indonesia lebih suka memanggil siam untuk simese ini.


Inilah ciri-ciri kucing siamese atau kucing siam :
  • Kepala kecil dan berbentuk segitiga
  • Bermata biru
  • Telinga yang lebar
  • bulu pendek dan halus
  • moncongnya mancung,
  • Ada warna kontras di ujung-ujung tubuh seperti kaki, telinga, mulut, ekor,hidung dan sekitar mata
  • Bentuk tubuh panjang, langsing dan berotot
  • Tubuhnya yang langsing dan anggun
  • Bentuk tubuh panjang, langsing dan berotot
  • Tubuhnya yang langsing dan anggun
British Shorthair 

Dikembangkan di Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih, hitam, biru, merah dan krem), dwi warna, hitam pekat, belang.

Burmese (Birman / Burma)  
Kucing ini dibiakkan oleh Dr. Thompson (AS) dari kucing Ratu Wong Mau (Burma) dan Siam. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura. sifatnya periang dan lucu.
Ciri-ciri Birman :
  • Berat badan antara 4-6 kg.
  • Pola warnanya mirip dengan Colour point dengan lebih pucat pada telinga, muka, kaki dan ekor.
  • Bulu ekor dan leher yang paling menonjol yaitu tebal dan halus
  • Panjang tubuh kucing sedang tetapi berbentuk tegap.
  • Tidak seperti kucing abyssinian yang memiliki telinga panjang. Telinga kucing ini berukuran sedang dan melengkung.
  • Birman sangat menyukai manusia.
Abyssinian 



Abyssinian adalah jenis kucing ini diperkirakan sebagai jenis yang paling tua di dunia. Sejak zaman mesir kuno, jenis abyssinian ini sudah dijadikan patung di kerajaan. Ya meskipun hal ini tidak dapat membuktikan apa-apa bahwa abyssinian adalah yang tertua, tetapi kita dapat menerkanya dengan menghubungkan dengan kebudayaan mesir kuno. Tetapi, menurut penelitian, abyssinian bukan berasal dari negeri fir’aun. Menurut penelitian, abyssinian berasal dari Ethipia, bahkan ada yang menyebutkan abyssinian berasal dari Asia Tenggara dan Laut India.

Kucing Tiffany
Kucing Tiffany berukuran sedang, dengan tipe badan semi foreign. Berat badannya sekitar 4 - 5 kg. Bentuk kepala hampir seperti segi tiga, warna mata gold, dengan moncong yang pendek dan dagu kecil, telinga besar, tulang pipi lebar. Ekornya dihiasi bulu lembut. Tentu saja ciri khas jenis kucing yang berwarna cokelat.
Chinchilla longhair  
Inilah kucing Persia paling anggun. Nenek moyangnya dari Inggris. Ras ini dibagi dalam dua macam, yaitu chinchilla warna cerah (sejati) dan yang agak gelap (perak gradasi).

Kucing memiliki banyak warna dan macam pola. Ciri fisik ini tidak bergantung pada rasnya. Kucing rumahan dikelompokkan ke dalam jenis berikut berdasar penampakan fisiknya :
  • bulu pendek 
  • bulu panjang
  • oriental (bukan ras khusus, semua kucing yang bertubuh langsing, mata berbentuk almond, daun telinga lebar, dan rambut tubuh halus yang pendek)
 
Gen yang mengatur warna dan pola pada bulu kucing menentukan penampilan fisik dari kucing yang membedakan mereka ke dalam:

Telon atau Calico 
Putih dengan sedikit bercak warna hitam atau oranye (atau biru atau krem). Orang Jepang sering menyebut pola ini sebagai mi-ke. Karena gen warna bulu bertaut dengan kelamin, kucing Calico yang beraneka warna ini umumnya betina.

Tortoiseshell 
Hitam dengan warna oranye dan putih tersebar di seluruh tubuhnya. Kucing yang memiliki warna hitam, oranye terang, dan oranye gelap disebut sebagai Calimanco atau Clouded Tiger.

Tabby 
Bergaris dengan bermacam pola. Pola klasik pada kucing ini berbentuk bulatan-bulatan atau lingkaran. Tabby jenis mackerel mempunyai tiga garis yang tampak di samping tubuhnya, membuat kucing ini seperti ikan Mackerel.

Maltese 
Nama lain dari kucing biru (abu-abu).

Bicolor (dua warna) 
Disebut juga Tuxedo cat atau Jellicle cat karena memiliki bulu berwarna hitam dengan sedikit warna putih pada bagian kaki, perut, dada, dan mungkin pula di bagian wajah.

Kucing-kucing Langka

Memang jenis kucing kampung adalah yang paling banyak, tetapi ada juga jenis kucing yang sangat langka bahkan terancam kepunahan di muka bumi. Hanya terdapat sekitar 250 ekor kucing mirip musang di Malabar, Asia yang berjuang dari kepunahan. Kucing Iriomote, ditemukan di kepulauan Jepang Iriomotejima, dengan jumlah kurang dari 100 ekor.


Hal-hal Unik Tentang Kucing
  1. Kucing memiliki sekitar 30 gigi dalam mulutnya.
  2. Kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12 – 16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 – 14 jam, paling lama diantara hewan lain. Tapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari! .
  3. Kucing dengan bulu putih dan mata biru, biasanya terlahir tuli, walaupun begitu indera lain mereka berkembang sebagai gantinya.
  4. Dalam kerajaan binatang, IQ kucing hanya dapat dilewati oleh monyet dan simpanse
  5. Kucing lebih mungkin selamat jika terjatuh dari lantai yang lebih tinggi dari lantai 7. Alasannya karena kucing membutuhkan waktu setara dengan waktu yang dibutuhkan, ketika ia jatuh dari lantai tingkat 8 untuk menyadari apa yang terjadi, tenang dan membetulkan posisinya.
  6. Kucing bisa berjerawat
  7. Sama dengan frekuensi mesin diesel yang tidak sedang bekerja, kucing bergumam atau mendengkur setiap 26 putaran/detik
  8. Kumis pada kucing sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara, bahkan yang kecil sekalipun. Kemampuan ini membuat kucing dapat menggunakan kumisnya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika ia tidak dapat melihat.
  9. Semua kucing berjalan dengan jinjit.
  10. Walaupun kucing memiliki 5 jari di kaki depan, mereka hanya mempunyai 4 jari pada kaki belakang. Namun pada beberapa kucing dapat terlahir dengan jari banyak sampai 7 bahkan dengan tulang tambahan.
  11. Pada saat kucing berumur 6 bulan, itu setara dengan 10 tahun usia manusia.
  12. Urine kucing dapat menyala dalam gelap, seperti sinar UV.
  13. Kucing kampung dapat mendengar frekswensi suara hingga 65 kHz, sedangkan manusia hingga 20 kHz.
  14. Kemampuan indera penciumannya 14 kali lebih kuat daripada penciuman manusia.
  15. Kucing melangkah dengan kedua kaki kirinya, sedangkan pada saat berlari menggunakan kedua kaki kanannya . Satu-satunya binatang yang melakukan hal ini adalah jerapah dan onta.

Mitos Tentang Kucing Hitam

Sering kita jumpai dalam sebuah tayangan film horor, selalu menghadirkan seekor kucing hitam sebagai latar atau figuran. Aksesoris kucing hitam juga sering kali muncul dalam acara yang berkaitan dengan dunia mistis. Seperti menjelang malam Hallowen, simbol kucing hitam dijual dalam bentuk boneka kecil atau gantungan kunci. Binatang bermata menyala waktu malam hari ini selalu dikaitkan dengan dunia sihir atau magic.
Kucing hitam sering dikaitkan dengan mitos misteri yang menakutkan benarkah demikian

Sebagian masyarakat percaya bahwa kehadiran kucing hitam selalu diidentikkan dengan datangnya bangsa lelembut atau hantu. Biasanya kucing hitam tak datang di sembarang tempat dan waktu. Hanya tempat-tempat sepi dan wingit saja yang menjadi tempat kesukaan munculnya kucing hitam.

Sebagian masyarakat mempercayai kehadiran kucing hitam adalah pertanda keangkeran. Dimana kucing hitam dijumpai, pasti di sekitar lokasi tersebut sedang ada hantu atau bangsa lelembut lain yang tengah melakukan penampakan atau sekedar melintas. Huh serem banget!

Kepercayaan akan kucing hitam bermula dari sejarah di jaman Babylonia kuno tempo dulu. Saat itu kucing hitam dipersembahkan dalam upacara ritual untuk dibakar bersama sesaji lainnya. Mitos ini timbul karena ada seekor kucing hitam yang tidur di tengah-tengah seekor ular dengan pulasnya, padahal saat itu ular merupakan lambang dari kejahatan.

Pemahaman ini terus berkembang hingga abad pertengahan. Di Jerman, ada kepercayaan bahwa apabila ada seekor kucing hitam yang lompat ke tempat tidur orang sakit, kematian akan datang pada orang yang sakit itu. Lain lagi dengan kepercayaan orang Normandia, mereka percaya apabila dalam perjalanan Anda melihat seekor kucing hitam yang sedang menyebrang di tengah bulan purnama, mereka percaya bahwa Anda akan terserang suatu epidemik.

Di Finlandia, masyarakat di sana percaya bahwa kucing hitamlah yang membawa jiwa manusia ke alam baka. Di China, kehadiran seekor kucing hitam merupakan pertanda bahwa mereka akan terkena penyakit atau akan jatuh miskin. Ceritanya sedikit berubah di tempat lain, di India, jiwa yang bereinkarnasi dapat dibebaskan dengan melempar kucing hitam ke api. Ada satu legenda dari Bengali bahwa ada seorang wanita yang dapat merubah jiwa manusia menjadi seekor kucing hitam, dan setiap kucing hitam yang disakiti akan menyakiti wanita itu juga.

Masyarakat Celts percaya bahwa kucing hitam dapat memprediksi masa depan. Druids pada masa Inggris kuno percaya bahwa kucing merupakan jelmaan seseorang yang berbuat jahat di masa lalunya kemudian di hukum menjadi seekor kucing hitam. Nah, salahkan para druids, karena merekalah yang telah menghubung-hubungkan kucing hitam dengan Halloween, hantu dan para penyihir.




Ada juga kepercayaan lain, yang mengatakan bahwa kucing hitam ini merupakan salah satu penyamaran para penyihir. Walaupun tidak ada saksi yang pernah menyaksikan ada penyihir yang berubah menjadi seekor kucing hitam atau seekor kucing hitam yang berubah menjadi seorang penyihir, tetapi mereka mengatakan bahwa suatu hari mereka menyakiti seekor kucing hitam dan kucing hitam itu terluka, dan keesokan harinya mereka menemukan luka yang sama di tempat yang sama kucing itu terluka pada seorang wanita.

Kepercayaan lain mengatakan bahwa kucing hitam adalah partner para penyihir untuk menyelesaikan their evil deeds. Mereka akan terbang dengan sapu lidi mereka dan mulai membuat keributan tetapi kepercayaan yang satu ini diakhiri dengan memberikan mereka permen-permen yang manis untuk mengantisipasi para penyihir itu agar tidak membuat keonaran

No comments:

Post a Comment