Wednesday 29 February 2012

Lebah Macan


Lebah Macan adalah salah satu lebah berukuran raksasa, yang hidup di wilayah Asia. Serangga yang merupakan musuh bebuyutan belalang sembah ini, memiliki sengat yang cukup besar untuk membunuh seekor laba - laba besar, seperti tarantula. Lebah ini memliki dosis racun yang lebih tinggi dari lebah manapun, sehingga dapat menimbulkan kematian termasuk bagi manusia, jika disengat lebah ini dalam jumlah banyak. 

Di Jepang, lebah ini sedikitnya membunuh 40 orang dalam setahun dan membuat masyarakat ketakutan. Lebah Macan sebenarnya hanya menggunakan sengatnya sebagai pertahanan diri, sedangkan untuk berburu mangsa, mereka menggunakan rahangnya yang kuat, untuk menbunuh mangsa yang lebih kecil.

Meskipun sama-sama jenis lebah, tetapi lebah macan tidak akan bisa digabungkan atau hidup berdampingan dengan lebah madu Eropa, karena lebah macan akan memangsa lebah madu, yang ukuran tubuhnya jauh lebih kecil dari lebah macan, sehingga dalam beberapa hari saja, koloni yang berjumlah sekitar 30.000 lebah madu Eropa, akan dapat lenyap 

Mungkin itulah penggambaran bagaimana ganasnya lebah ini, namun lebah ini bukanlah jenis lebah terkuat, sebab karena lebah madu dari Jepang mempunyai trik dan cara khusus, dibanding lebah madu Eropa, untuk membunuh lebah macan ini.

Pertama lebah madu Jepang akan mengepung kawanan lebah macan ini, kemudian dengan mengandalkan jumlah mereka yang banyak, mereka membentuk formasi berbentuk bola padat dan mengepung kawanan lebah macan.
Lebah madu Jepang ini kemudian mulai mengepakkan sayap mereka lebih cepat sehingga menimbulkan panas didalam formasi bola tersebut hingga suhunya mencapai 47 derajat Celcius.

Pada suhu ini, lebah macan yang terperangkap dalam formasi bola padat tadi tidak akan mempu bertahan dan akan mati secara perlahan.

No comments:

Post a Comment