Wednesday 7 March 2012

Atlas


Atlas adalah kumpulan peta-peta dalam bentuk buku atau multimedia dan dapat dianggap sebagai kamus, karena di dalamnya dapat ditemukan berbagai iniformasi tentang geografi secara lengkap. Atlas dapat memuat informasi geografi, batas negara, statisik geopolitik, sosial, agama, dan ekonomi.

Kumpulan peta-peta tersebut, saat pertama kali dipublikasikan, tidak diberi nama Atlas. Baru kemudian buku pertama yang dapat disebut atlas dibuat berdasarkan hasil perhitungan dari Claudius Ptolomaeus, seorang ilmuwan yang mempelajari geografi yang bekerja di Aleksandria pada 150 SM. 

Edisi pertama dipublikasikan di Bologna pada 1477 dan memiliki 27 buah peta. Ilmuwan tidak dapat memastikan apakah gambar peta-peta tersebut berasal dari peta asli yang dibuat Ptolomaeus atau dibuat oleh ilmuwan abad pertengahan berdasarkan tulisan Ptolomaues. Sejak 1544, banyak peta yang dibuat, khususnya sehubungan dengan berlangsungnya hubungan dagang antara Roma dan Venesia. Setiap pembuat peta bekerja terpisah, menghasilkan peta berdasarkan kebutuhannya masing-masing.

Abraham Ortelius dikenal karena membuat atlas modern pertama pada 20 Mei 1570. Karyanya yang berjudul Theatrum Orbis Terrarum, memuat 53 peta yang mencakup negara-negara di dunia pada saat itu. Karyanya tersebut merupakan buku pertama dari jenisnya, yang memuat dalam ukuran yang seragam. Pada saat itu, karya tersebut terbilang sukses.

Tetapi, penggunaan istilah "atlas" untuk koleksi peta baru digunakan pada 1595, dimana Gerardus Mercator menerbitkan karyanya yang berjudul "Atlas, Sive Cosmographicae Meditationes De Fabrica Mundi ..." (Atlas, atau Deskripsi dari Dunia) (Duisburg, 1585-1595).


Syarat dan Macam Atlas

Atlas yang baik antara lain harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  • jelas
  • lengkap
  • informatif
  • sistematis

Macam-macam Atlas
  • Atlas Geografi, digunakan untuk mengetahui letak suatu kota, ketinggian suatu daerah / tempat,  peta pertanian, peta fauna, peta iklim, dan sebagainya.
  • Atlas Tematik, menyuguhkan berbagai keadaan sesuai dengan yang ingin diketahui serta ditampilkan, seperti peta industri, peta kependudukan.
  • Atlas Sejarah, berisi tentang perkembangan permukaan bumi, di suatu daerah (tempat) yang dihuni oleh manusia zaman dahulu dan sekarang tinggal situs-situsnya.

No comments:

Post a Comment