Monday 28 January 2013

Tenggelam, Mengapung dan Melayang

Saat benda berada di air, ada tiga kemungkinan yang terjadi pada benda tersebut

1. Bila massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis fluida

Jika suatu benda berada di air (fluida) dan memiliki massa jenis rata-rata lebih besar daripada massa jenis air (fluida) dimana benda tersebut berada, maka gaya berat benda akan lebih besar daripada berat fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut, sehingga benda tersebut akan tenggelam, karena volume yang terlibat tetap.

Oleh karena gaya berat yang bekerja ke bawah, lebih besar daripada gaya apung yang bekerja ke atas, resultan gaya pada benda tersebut akan bekerja ke bawah dan benda akan tenggelam (kecuali ditopang oleh gaya lain seperti ada tali yang mengait pada benda).

2. Bila massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis fluida

Jika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis fluida, maka gaya apung akan lebih besar daripada berat benda ketika benda tersebut berada di dalam air. Gaya resultan yang bekerja pada benda akan berarah ke atas, dan benda tersebut akan mengapung ke atas permukaan.
 
Bila sampai di atas permukaan fluida, benda masih terendam di dalam air, sehingga gaya berat fluida yang dipindahkan oleh sebagian benda yang berada di dalam fluida (gaya apung), sama dengan gaya berat objek, maka gaya resultan adalah nol, dan objek setimbang. Tidak memiliki percepatan.

3. Bila massa jenis benda sama dengan massa jenis fluida

Bila gaya berat suatu benda sama dengan berat fluida yang dipindahkan, ketika benda tersebut berada di dalam air seluruhnya, maka benda tersebut akan mengapung. Benda tersebut dapat naik atau tenggelam di fluida, jika massa jenisnya diubah sedikit saja, seperti yang dilakukan ikan atau pada kapal selam. Massa jenis rata-rata kapal selam dapat diubah besarnya, sedikit bertambah atau berkurang dengan mengambil atau mengeluarkan air.

No comments:

Post a Comment