Tuesday, 5 February 2013

Budidaya Karet


Tanaman Karet (Hevea brasilliensis) memiliki siklus hidup yang relatif lama (25 – 30 tahun) dengan waktu yang diperlukan tanaman karet menjadi siap sadap ± 5 tahun. Karena itu pengadaan bibit  yang salah dapat mengakibatkan kegagalan sebuah proyek.

Bibit karet yang baik merupakan perpaduan antara batang bawah dan batang atas yang berkualitas baik. Untuk mendapatkan bibit yang siap tanam dengan mutu yang baik memerlukan rangkaian teknik budidaya yang meliputi pembangunan kebun entres, pembuatan pembibitan batang bawah, teknik okulasi, seleksi dan pembongkaran stum hasil okulasi, penyapihan bibit ke dalam polibag dan pemeliharaan bibit sampai dengan siap salur.

Keadaan tanah, pemilihan bibit sampai cara perawatannya, perlu diperhatikan karena sangat mempengaruhi proses penanaman. Merawat atau memelihara dengan baik dan merupakan salah satu faktor penting dalam mempercepat pertumbuhan dan menghasilkan produk yang bagus seperti yang diharapkan.

Berikut cara menanam dan merawat salah satu jenis tanaman agro bisnis karet.
  1. Pembangunan Kebun entres (bud wood nursery) merupakan kebun yang dibangun sebagai sumber mata okulasi, sehingga dibutuhkan klon-klon unggul karet yang dianjurkan secara komersial. Berbagai kegiatan dalam pembangunan kebun entres antara lain pemilihan lokasi, pengelolaan tanah,  penanaman, pemeliharaan, pemurnian kebun entres dan pemanenan entres.
  2. Pembangunan batang bawah, proses pemeliharaan dengan cara pengumpulan biji, pengecambahan, dan penanaman kecambah.
  3. Teknik okulasi, Okulasi merupakan teknik perbanyakan secara vegetatif dengan menempelkan mata entres suatu tanaman ke tanaman sejenis untuk mendapatkan sifat unggul dari tanaman mata entres . Ada dua jenis teknik okulasi yaitu okuasi coklat (brown budding) pada batang bawah umur 6-12 bulan sedang okulasi hijau (green budding) pada umur batang bawah 4-6 bulan.
  4. Seleksi dan pembongkaran stum hasil okulasi
  5. Penyapihan polibag, guna menghindari tingkat kematian di lapangan yang tinggi, sebaiknya bibit dipindahkan ke lapangan setelah mencapai payung dua.

1 comment:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan, Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita semua, cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya, Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet KLIK DISINI DUNIA GHAIB

    ReplyDelete