Thursday, 18 April 2013

Cedera Reperfusi (Reperfusion Injury)

Cedera reperfusi darah (Reperfusion Injury) adalah rusaknya jaringan (tissue damage) yang justru disebabkan oleh membaiknya kembali perfusi ke jaringan, setelah jaringan mengalami iskemia atau kekurangan oksigen untuk beberapa saat. Ketiadaan oksigen dan nutrisi dalam darah selama masa iskemia menyebabkan kondisi dimana perbaikan sistem kardiovaskular justru menyebabkan terjadinya reaksi inflamasi dan kerusakan oksidasi akibat stres oksidatif.

Mekanisme 

Patofisiologi cedera perfusi (reperfusion injury) sangat kompleks dan melibatkan komponen-komponen seluler dan humoral. Proses peradangan (inflammatory response) dianggap sebagai faktor utama yang menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan akibat cedera reperfusi. Lekosit yang dibawa oleh aliran darah yang baru membaik kembali,  ke daerah dimana jaringan mengalami kerusakan justru memicu keluarnya sejumlah faktor inflamasi seperti Interleukin dan radikal bebas yang mengakibatkan semakin luasnya kerusakan jaringan.

Membaiknya kembali aliran darah yang membawa oksigen ke dalam sel, juga mengakibatkan kerusakan sel protein, DNA, dan membran plasma. Kerusakan membran sel pada akhirnya menyebabkan pelepasan radikal bebas yang lebih banyak lagi.

Cedera reperfusi juga memainkan peranan penting pada terjadinya kaskade iskemia yang terjadi pada otak seperti pada kejadian stroke dan trauma di otak, akibat trauma kepala. Kerusakan otak yang terjadi akibat pulihnya perfusi setelah terjadinya henti jantung, juga melibatkan proses yang sama. Iskemia dan cedera reperfusi, diduga juga berperan penting pada kegagalan dan buruknya proses penyembuhan pada luka kronis, seperti yang terjadi akibat "pressure sores" and "diabetic foot ulcers". Tekanan yang terjadi secara terus menerus, menyebabkan pasokkan aliran darah terhambat dan menyebabkan iskemia dan proses inflamasi akan terjadi saat perfusi kembali membaik. proses ini akan terus berulang dan kerusakan jaringan ini lambat laun akan menyebabkan terjadinya luka borok.

Hipoksia yang berlangsung 60 menit atau lebih, akan menghasilkan hipoxantin sebagai hasil dari metabolisme ATP

1 comment:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan, Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita semua, cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya, Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet KLIK DISINI DUNIA GHAIB

    ReplyDelete