Thursday 18 April 2013

Ekonomi Makro (Makroekonomi)

Ekonomi Makro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari dan menganalisis pengaruh kegiatan ekonomi atau persoalan ekonomi secara keseluruhan atau nasional, seperti: pendapatan nasional, konsumsi, tabungan masyarakat, pertumbuhan ekonomi suatu negara, deflasi, inflasi, investasi, kebijakan ekonomi nasional, pengangguran atau kesempatan kerja.

Dalam pembahasannya masalah ekonomi makro dibagi menjadi jangka pendek dan jangka panjang.

Pembahasan masalah ekonomi makro jangka pendek antara lain meliputi  :
  1. Inflasi, yaitu suatu kondisi dimana terdapat kecenderungan kenaikan harga secara terus menerus. Perlu diketahui bahwa Inflasi bisa menjadi masalah karena  tiga (3) alasan, yaitu :
    • Mengakibatkan redistribusi pendapatan  di antara anggota masyarakat
    • Menyebabkan penurunan efisiensi
    • Menyebabkan perubahan output dan kesempatan kerja dalam masyarakat
  2. Pengangguran, terjadi karena jumlah angkatan kerja melebihi tingkat  peluang kerja yang tersedia. Berdasarkan tingkat pengangguran, dapat diketahui  apakah perekonomian berada pada tingkat kesempatan kerja penuh (full employment) atau tidak.
  3. Ketimpangan neraca pembayaran. Neraca pembayaran adalah neraca yang memuat ikhtisar  dari segala transaksi yang terjadi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu
Transaksi dalam neraca pembayaran :
  • Ekspor impor barang dan jasa (termasuk perdangan internasional)
  • Transaksi finansial seperti pemberian atau penerimaan kredit, penanaman modal di luar negeri, transaksi yang bersifat uniteral seperti pembayaran transfer dari orang-orang yang tinggal di luar negeri
Bantuan dari luar negeri

Jika jumlah pembayaran tidak sama dengan penerimaan dari luar negeri, maka terjadi surplus atau defisit. Ketidakseimbangan ini dapat menjadi masalah jika ketidakseimbangannya cukup besar.

Pembahasan masalah ekonomi makro jangka panjang

Pembahasan masalah ekonomi makro jangka panjang menyangkut persoalan pertumbuhan di bidang ekonomi, yang pada dasarnya menyangkut 
·         keserasian antara pertumbuhan penduduk,
·         pertambahan kapasitas produksi,
·         tersedianya dana untuk investasi

Jika terjadi keserasian antar ketiga hal di atas,  maka pertumbuhan ekonomi sebuah negara akan mengalami kondisi yang optimal. Semoga saja hal ini dapat terwujud dalam perekonomian Indonesia, sehingga kekuatan ekonomi negara kita dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bagaimana? Apa komentar anda?

Hal-hal yang dianalisis dalam ekonomi makro;
  • Faktor-faktor yang menentukan kegiatan ekonomi suatu negara
  • Masalah-masalah yang dihadapi setiap perekonomian suatu negara
  • Peranan pemerintah dalam mengatasi masalah-masalah ekonomi.


No comments:

Post a Comment