Saturday 6 April 2013

Monyet Bekantan


Bekantan atau dalam nama ilmiahnya Nasalis larvatus adalah sejenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis. Bekantan merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan.
 

Ciri-ciri utama yang membedakan bekantan dari monyet lainnya adalah hidung panjang dan besar yang hanya ditemukan di spesies jantan. Fungsi dari hidung besar pada bekantan jantan masih tidak jelas, namun ini mungkin disebabkan oleh seleksi alam. Monyet betina lebih memilih jantan dengan hidung besar sebagai pasangannya. Karena hidungnya inilah, bekantan dikenal juga sebagai monyet Belanda. Dalam bahasa Brunei (kxd) disebut bangkatan.

Bekantan jantan memiliki rambut pipi bagian belakang berwarna kemerah-merahan, sedangkan bekantan betina mempunyai rambut pipi bagian belakang berwarna kekuning-kuningan. Bekantan jantan berukuran lebih besar dari betina. Ukurannya dapat mencapai 75cm, dengan berat mencapai 24kg. Monyet betina berukuran 60cm, dengan berat 12kg. Bekantan betina yang sedang hamil, akan melahirkan anaknya, setelah usia kehamilannya mencapai 166 hari atau sekitar 5 - 6 bulan, dan hanya melahirkan 1 (satu) ekor anak. Dan induknya akan sangat protektif terhadap anak yang baru dilahirkannya. Setelah berumur 4-5 tahun sudah dianggap dewasa.


Bekantan hidup berkelompok. Masing-masing kelompok dipimpin oleh seekor Bekantan jantan yang besar dan kuat. Biasanya dalam satu kelompok berjumlah sekitar 10 sampai 20 ekor.

Spesies ini juga memiliki perut yang besar, sebagai hasil dari kebiasaan mengkonsumsi makanannya. Selain buah-buahan dan biji-bijian, bekantan memakan aneka daun-daunan, yang menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Ini mengakibatkan efek samping yang membuat perut bekantan jadi membuncit.
Bekantan tersebar dan endemik di hutan bakau, rawa dan hutan pantai di pulau Kalimantan. Spesies ini menghabiskan sebagian waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 kera. Bekantan juga dapat berenang dengan baik, terkadang terlihat berenang dari satu pulau ke pulau lain.


Oleh karna penangkapan liar yang terus berlanjut, serta sangat terbatasnya daerah dan populasi hutan sebagai habitatnya, bekantan dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah.

Galeri Gambar 





2 comments:

  1. ini sangat bagus untuk pengetahuan buat lah gogle tentang binatang

    ReplyDelete
    Replies
    1. karna pengetahuan penting bagi anak bangsa terutama pada anak jalanan lebih baik kita berikan sekolah gratis yang didirikan pemerintah agar semua anak di indonesia terselamatkan dan bangsa kita bisa lebih maju dan terkenal

      Delete