Monday 22 April 2013

Yilgarn Craton



Yilgarn Craton adalah geological entity terluas di Australia Barat dan salah  satu craton berumur Archaean terbesar di dunia. Untuk memahami struktur craton ini para peneliti pernah melakukan berbagai penelitian geologi, seismik refraksi dan refleksi di daerah ini, sehingga bisa disusun crustal velocity  structure di craton ini. Berdasarkan sejumlah penelitian diketahui bahwa  Yilgarn craton merupakan two layered crust dengan ketebalan rata2 35 km (Dentith et al., 2000). 


Namun secara lateral, banyak dijumpai variasi dalam velocity structure yang ternyata setelah disintesis gejala ini berhubungan dengan terrane boundary. Beberapa zona high-velocity ditemukan, yang mungin kejadiannya bisa berhubungan dengan : (1) kehadiran mafic to ultramafic intrusions, (2) high-velocity zone tersebut merupakan fault-bounded mega-sliver, semacam suspect terrane dengan oceanic affinities -sliver adalah suatu exotic bodies yang terselip di area yang secara umum berbeda sifatnya dengan sliver tersebut.


Struktur bagian dalam dan upper mantle Yilgarn Craton pun pernah diteliti menggunakan lintasan teleseismic dari Perth-Kalgoorlie dan sebuah lintasan 200 km di sebelah utara Kalgoorlie (Reading et al., 2003). Sifat kerak dan upper mantle ditentukan berdasarkan model seismic-velocity. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan tentang pola akresi Yilgarn Craton, di area mana yang banyak akresi, di area mana yang sepi dari akresi. Penelitian pun menemukan bahwa Mohorovicic discontinuity jelas di area bagian tengah terrane, tetapi kabur dan bergradasi di area terrane boundary. Variasi lateral craton dan pola akresinya menunjukkan bagaimana evolusi Yilgarn Craton terjadi.

No comments:

Post a Comment