Manajemen bisnis adalah
upaya untuk mengatur dan menjalankan sebuah usaha bisnis
secara menyeluruh dan profesional, untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.
Manajemen bisnis dibutuhkan dalam rangka tercapainya sebuah tujuan usaha bisnis, baik dari aspek profit maupun tujuan lainnya sesuai
yang diinginkan oleh pihak pengelola bisnis.
Manfaat dari Manajemen Bisnis adalah agar sebuah usaha tidak
sembarangan, mampu melakukan perencanaan, mencapai target-target yang diinginkan
serta dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan dan resiko dari sebuah usaha
bisnis.
Sebuah langkah profesional yang dilakukan sebelum merancang sebuah
manajemen bisnis biasanya dilakukan dengan membuat sebuah rancangan
global sebuah bisnis atau yang dikenal dengan business plan.
Business
plan menyangkut bagaimana manajemen bisnis serta perencanaannya dari
berbagai aspek, diantaranya adalah manajemen pemasaran, manajemen
produksi, manajemen finansial dan sebagainya.
Melalui sebuah business yang mantap, biasanya sebuah usaha akan meyakinkan untuk dikelola secara maksimal.
Usaha bisnis dengan skala kecil pun diperlukan sebuah
upaya manajemen bisnis yang baik, hanya berbeda pada ukuran skala saja
serta pengerjaannya yang lebih sederhana dan bisa dikerjakan rangkap
oleh satu atau dua orang dari pengelola bisnis tersebut.
Beberapa hal yang menjadi patokan utama manajemen bisnis diantaranya adalah beberapa hal berikut ini:
1. Manajemen produksi
Manajemen produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait
ketersediaan bahan baku maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada
sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi menyangkut
bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga
mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.
2. Manajemen pemasaran
Manajemen bisnis di bidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses marketing atau pemasaran.
Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada
konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen pemasaran.
Tanpa adanya sebuah manajemen pemasaran yang baik, maka sebuah
perusahaan akan mengalami kondisi sulit dalam hal pemasukan atau income
yang diperoleh. Pemasaran memegang peran vital terhadap eksistensi
sebuah perusahaan. Produk atau jasa yang kurang bermutu pun akan bisa
terjual laris apabila perusahaan Anda memiliki seorang manajer pemasaran
yang handal. Kreatifitas dan inovasi perlu dijalankan dalam merancang
sebuah manajemen bisnis di bidang pemasaran.
3. Manajemen distribusi
Manajemen bisnis di bidang distribusi memegang peran mendukung manajemen
pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan dengan baik, namun apabila
manajemen distribusi mengalami hambatan, maka marketing juga akan
terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa kepada
konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi
tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan.
4. Manajemen Finansial
Manajemen finansial di dalam sebuah usaha bisnis menyangkut
transparansi dan pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah perusahaan.
Manajemen keuangan menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu
dibagikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
Tanpa adanya sebuah manajemen bisnis yang baik di bidang keuangan,
maka biasanya perusahaan tidak mendapatkan data keuangan yang jelas. Hal
ini biasa dialami oleh para pengelola bisnis kecil yang masih amatiran,
dimana manajemen keuangan jarang diperhatikan sehingga untung atau
ruginya saja sebuah usaha bisnis sulit ditentukan.
Beberapa bentuk manajemen bisnis di atas sangat penting diperhatikan
oleh para pengelola usaha bisnis yang ingin sukses dalam menjalankan
sebuah bisnis usaha. Tanpa adanya sebuah manajemen yang baik, maka
mustahil sebuah perusahaan akan mampu berjalan dengan baik seperti yang
menjadi harapan pemiliknya.