Sunday, 20 January 2013

Perencanaan Pada Dunia Bisnis


Perencanaan adalah suatu tindakan untuk menentukan sebelumnya apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Perencanaan mencakup tindakan memilih dan menghubungkan fakta-fakta dan membuat serta menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa yang akan datang dalam hal memvisualisasi serta merumuskan aktivitas-aktivitas yang diusulkan yang dianggap perlu untuk mencapai hasil-hasil yang diinginkan. Perencanaan dapat dibagi menjadi perencaan jangka pendek (durasi < 1 tahun), jangka menengah (durasi 1 – 5  tahun) atau jangka panjang (durasi > 5 tahun)

Keuntungan Perencanaan
  • Aktivitas-aktivitas akan teratur yang ditujukan ke arah pencapaian sasaran
  •  Menunjukkan perlu diadakannya perubahan pada masa yang akan datang 
  •  Menjawab pertanyaan-pertanyaan : “apakah yang akan terjadi apabila … ?” 
  • Memberikan sebuah dasar atau landasan untuk melakukan pengawasan.
  • Mendorong orang untuk memberikan prestasi (sebaik mungkin) 
  • Memperbesar dan mengimbangkan pemanfaatan fasilitas-fasilitas
  •  Membantu seorang manajer mencapai status 
Perencanaan Laba
Termasuk jenis perencanaan jangka menengah, meliputi usaha untuk memperbaiki laba, terutama untuk produk tertentu dalam periode 1 tahun atau lebih

Perencanaan produk

Perencanaan produk termasuk dalam jangka panjang. Dari perkiraan penjualan masa yang akan datang yang diinginkan, dibandingkan dengan neraca laba/rugi, sehingga dapat menetapkan program dalam berbagai bidang

Perencanaan Strategis

Strategi-strategi dalam bidang perencanan : 
  • Cara pendekatan “sedikit demi sedikit”
  • “Menebarkan bibit ke tanah yang subur”
  • Cara “penyerangan” secara terkonsentrasi 
  • Kacaukan issu yang bersangkutan 
  • Gunakan taktik-taktik yang keras ini hanya apabila hal tersebut diperlukan

No comments:

Post a Comment