Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program  pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum  pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna bagi  mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. 
Pentingnya promosi dapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran  tanpa promosi dapat diibaratkan seorang pria berkaca mata hitam yang  dari tempat gelap pada malam kelam mengedipkan matanya pada seorang  gadis cantik di kejauhan. Tak seorang pun yang tahu apa yang dilakukan  pria tersebut selain dirinya sendiri.
Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Ada tiga unsur pokok struktur proses komunikasi pemasaran yakni
1. Pelaku komunikasi
Terdiri atas pengirim (sender) atau komunikator yang menyampaikan pesan dan penerima (receiver) atau komunikasi pesan. 
2. Material komunikasi
2. Material komunikasi
Ada beberapa material komunikasi pemasaran yang penting, yaitu
a. Gagasan
b. Pesan (message)
c. Media
d. Response
e. Feed back
f. Gangguan (noise)
3. Proses komunikasi
a. Gagasan
b. Pesan (message)
c. Media
d. Response
e. Feed back
f. Gangguan (noise)
3. Proses komunikasi
Proses penyampaian pesan (dari pengirim kepada penerima) maupun  pengiriman kembali respon (dari penerima kepada pengirim) akan  memerlukan dua kegiataan yaitu encoding (fungsi mengirim) dan decoding  (fungsi menerima).
Inti Dari Komunikasi Pemasaran 
Komunikasi pemasaran membahas  beberapa masalah yang memiliki kaitan erat dengan komunikasi dalam  pemasaran, pokok kajian pembahasan komunikasi pemasaran antara lain
- Strategi Komunikasi
- Segmentasi Potensial
- Perencanaan Media
- Kreatif pesan dan Visual
- Biaya Komunikasi dan Belanja Iklan
- Riset Komunikasi Pemasaran
- Konsep Bisnis Masa Depan
Proses Perencanaan Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran dapat diidentifikasikan sebagai hal berikut:
- Mengidentifikasikan pasar dan kebutuhan konsuman atau persepsi konsumen.
- menggambarkan dan mengoperasionalkan gambar atau persepsi tujuan target group.
- Mengvaluasikan sejumlah perilaku yamh tergambar diyakini dapat mencapai tujuan.
Strategi  mempromosikan sebuah produk atau perusahan merupakan strategi  pembangunan atribut yang akan dan terus dikenal oleh konsumen.
Analis Situasi ,Taktik,dan Strategi
Perusahaan  yang memikili dia atau lebih konsep strategi ,memungkinkan perusaahn  tersebut bertahan dalam persaingan yang semakin keras.Perusahan yang  tidak memiliki kerangak dan strategi cadangan dalam menghadapi para  pesaing naru justeru akan mengacam posisi produk mereka yang telah ada.
Tujuan  lain dari analis situasi,teknik dan strategi dalam komunikasi pemasaran  adalah untuk memperoleh dari konsumen (sebagai sumber utama).dimana  pespon tersebut merupakan langkah awal yang perusahan untuk bersikap  positif.
Perencanaan Komunikasi Penasaran 
Perencanaan  komunikasi dalam komunikasi pemasran merupakan panduan mendasr yang  penting untuk membentuk kita dalam menyusun sebuah perencanaan strategi  berdasarkan pandangan komunikasi pemasaran. Perencanaan mungkin lebih  penting dari sebuah dokumen yang kita miliki. Setiap perencanaan dan  eksekusi periklanan memilikinilai yang kecil jika kita tidak menjaga di  hadapan konsumen .
Pemasaran dan Promosi
Pemasaran Pada Era Informasi.
Kondisi  saat ini menempatkan kita ke dalam sebuah persaingan diantara dua  paradikma yang saling tarik menarik,yaitu era industeri disnis dan era  informasi bisnis.
Terdapat tujuh Aspek Dasar yang harus dicapai oleh organisai bisnis agar dapat bartahan dalam kompetisi yang ketat saat ini:
- Konsumen tepat sasaran
- Kualitas penciptaan produk yang terbaik melalui perusahan teknologi terbaru
- Adanya diferentasi produk yang ditawarkan dengan pesaing .
- Positioning produk dan perusahaan sebagai penggerak pasar .
- Kacapatan dalam penetrasi pasr (local maupun interlokal)
- Sumbrt daya manusia dengan kualitas tertinggi dan mampu bekerja secara tim
- Kepentingan yang mamapu beradap tasi dalam kondisi yang selalu berubah-ubah
 
 
No comments:
Post a Comment