Monday 18 February 2013

Palenque


Palenque adalah kota pada masa kejayaan orang Maya,  yang berkembang pada abad ke-7. Palenque terletak 130 km sebelah selatan Ciudad del Carmen dan berada di dekat Sungai Usumacinta di negara bagian Chiapas, Meksiko. Kota muno ini terletak pada ketinggian 150 m di atas permukaan laut, dengan curah hujan mencapai 2.160 mm per tahun.

Sebelum ditemukan dan dilakukan penggalian kembali, lokasi dimana reruntuhan Paenque berada, telah menjadi hutan yang lebat dengan ditumbuhi berbagai pepohonan seperti cedar, mahoni, pohon sawo dan sebagainya. Tetapi setelah digali, sekarang menjadi situs arkeologi yang terkenal dan menjadi daya tarik bagi ribuan wisatawan.

Palenque adalah sebuah situs berukuran sedang, jauh lebih kecil dibandingkan situs besar seperti Tikal atau Copán, tetapi berisi beberapa arsitektur terbaik seperti, patung, sisir atap dan relief ukiran bangsa Maya. Sebagian besar sejarah Palenque telah direkonstruksi berdasarkan prasasti hiroglif di banyak monumen. Sejarawan sekarang memiliki urutan panjang dari dinasti yang berkuasa dari Palenque di abad ke-5 dan pengetahuan luas tentang persaingan kota-negara dengan negara lain seperti Calakmul dan Tonina. Penguasa yang paling terkenal di Palenque adalah Pacal Agung, yang makamnya telah ditemukan dan digali di Kuil Prasasti .
 
Pada tahun 2005, daerah yang ditemukan baru mencapai 2,5 km ² (1 sq mi), itupun diperkirakan masih kurang dari 10% dari total luas kota ini, yang akan dieksplorasi, dan meninggalkan lebih dari seribu struktur yang masih tertutup oleh hutan.

Situs Palenque telah ditinggalkan oleh orang Maya selama beberapa abad, ketika penjelajah Spanyol tiba di Chiapas pada abad ke-16. Orang Eropa pertama yang mengunjungi reruntuhan dan mempublikasikan situs ini adalah imam Pedro Lorenzo de la Nada, pada tahun 1567. 

Pada saat itu orang Maya lokal "Chol" menyebutnya Otolum yang berarti "Tanah dengan rumah-rumah yang kuat", dan de la Nada  diterjemahkan secara kasar untuk memberikan situs ini nama "Palenque" (dari bahasa Catalan "palenc", "palisade") yang berarti "fortifikasi" dalam bahasa Spanyol (antara lain). Palenque juga menjadi nama untuk kota Santo Domingo de Palenque.
 
Sebuah nama kuno untuk pusat kota saat ini, yang telah dikonsolidasikan adalah Lakam Ha, yang diterjemahkan sebagai "Big Water", yang merujuk pada berbagai mata air dan air terjun yang luas, yang ditemukan di dalam situs tersebut. Palenque adalah ibukota periode Klasik yang penting bagi bangsa Maya.

No comments:

Post a Comment