Sunday 17 April 2011

Poseidon (Neptune)



Poseidon (bahasa Yunani: Ποσειδν) atau pontus, dikenal sebagai dewa penguasa laut, sungai, dan danau. Dewa laut Nethuns dalam mitologi Etruska diadopsi ke dalam mitologi Romawi sebagai Neptunus, keduanya merupakan dewa padanan bagi Poseidon. Kata Poseidon berarti laut. Ia memiliki senjata berupa triden yang bisa mendatangkan banjir dan gempa bumi. Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh Hippopocamus (makhluk setengah kuda setengah ikan). Poseidon menikah dengan Amphitrite dan memiliki anak bernama Triton. Poseidon juga adalah dewa yang menciptakan kuda dalam upayanya merayu Demeter.

Poseidon atau Pontus adalah anak dari Gaia, ia keluar dengan sendirinya tanpa pasangan (ayah). Menurut versi yang lain, Poseidon adalah salah satu dari anak hasil perkawinan antara Ether dan Emera atau Cronos dan Rhea, sedangkan menurut versi ini Gaia adalah nenek dari Poseidon. Versi lain lagi dikatakan bahwa Poseidon juga menikah dengan Gaia dan memiliki keturunannya sendiri. yaitu Ceto, Eurybia, Phorcys, Nereus dan Thaumas.

Sama halnya seperti Zeus, saudaranya, Poseidon pun memiliki kisah cinta dengan wanita-wanita lain, Salah satunya ia pernah bercinta dengan Medusa di salah satu lantai kuil Athena. Atas perbuatannya itu Medus adihukum menjadi monster.

Poseidon sudah dipuja di Pylos dan Thebes, sejak zaman perunggu Yunani sebagai kakak Zeus dan Hades. Ada sebuah Himne Homer untuk Poseidon. Poseidon mempunyai banyak anak. Poseidon merupakan pelindung bagi banyak kota di Yunani, meskipun dia gagal mendapatkan Kota Athena. Binatang kesukaannya adalah kuda dan banteng.Pohon pinus dikeramatkan baginya. Poseidon hidup di Atlantis dan mati di gunung Olympus.

Galeri Gambar 






No comments:

Post a Comment