Wednesday 4 September 2013

Leptis Magna


 

Leptis Magna, di Libya, merupakan salah satu bangunan bersejarah yang terletak di pinggiran kota Tripoli. Beberapa sebutan lain untuk situs ini antara lain Lectis Magna, Lepcis Magna, Lpqy atau Neapolis. Ini adalah sebuah kota terkemuka pada masa Kekaisaran Romawi. Reruntuhannya berada di Al Khums, Libya, sekitar 130 km arah timur Tripoli, pada pantai di mana Wadi Lebda bertemu lautan. Leptis Magna merupakan tempat kelahiran Kaisar Romawi yang bernama Septimius Severus. Sang Kaisar kemudian membangun dan membesarkan kota tersebut. Leptis Magna merupakan salah satu reruntuhan Romawi paling spektakuler dan tak terjamah di Laut Mediterania, Afrika Utara.
 
Kota ini didirikan pada masa pemerintahan Augustus dan Tiberius, yang berasal dari kaum Phoenician sekitar 1100 SM yang diberi nama Lpqy. Tetapi kemudian kota ini sepenuhnya direnovasi oleh Kaisar Severus. Arsitek bangunan di kota ini merupakan gabungan elemen-elemen monumental utama masa itu. Basilika dan lengkungan merupakan contoh utama seni Romawi baru yang sangat dipengaruhi tradisi Afrika dan Timur. 
 
Kota ini belum mencapai kejayaannya sampai Kartago menjadi kekuatan utama di Laut Mediterania pada abad ke-4 SM dan tetap menjadi bagian dari wilayah kekuasaan Kartago sampai akhir Perang Punic ketiga pada 146 SM dan kemudian menjadi bagian dari Republik Romawi.

Leptis Magna tetap seperti itu sampai masa pemerintahan Kaisar Roma Tiberius, ketika kota dan daerah sekitarnya secara resmi dimasukkan ke dalam kerajaan sebagai bagian dari provinsi Afrika. Kota itu segera menjadi salah satu kota terkemuka Romawi Afrika dan menjadi sebuah pos perdagangan utama.

Leptis Magna adalah kota ketiga terpenting di Afrika, menyaingi Kartago dan Alexandria.

No comments:

Post a Comment