Perencanaan adalah suatu tindakan untuk menentukan
sebelumnya apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Perencanaan mencakup tindakan memilih dan menghubungkan fakta-fakta dan
membuat serta menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa yang akan datang dalam
hal memvisualisasi serta merumuskan aktivitas-aktivitas yang diusulkan yang
dianggap perlu untuk mencapai hasil-hasil yang diinginkan.
Perencanaan dapat dibagi menjadi perencaan jangka pendek (durasi < 1
tahun), jangka menengah (durasi 1 – 5
tahun) atau jangka panjang (durasi > 5 tahun)
Keuntungan Perencanaan
- Aktivitas-aktivitas akan teratur yang ditujukan ke arah pencapaian sasaran
- Menunjukkan perlu diadakannya perubahan pada masa yang akan datang
- Menjawab pertanyaan-pertanyaan : “apakah yang akan terjadi apabila … ?”
- Memberikan sebuah dasar atau landasan untuk melakukan pengawasan.
- Mendorong orang untuk memberikan prestasi (sebaik mungkin)
- Memperbesar dan mengimbangkan pemanfaatan fasilitas-fasilitas
- Membantu seorang manajer mencapai status
Perencanaan Laba
Termasuk jenis
perencanaan jangka menengah, meliputi usaha untuk memperbaiki laba, terutama untuk produk tertentu dalam periode 1
tahun atau lebih
Perencanaan produk
Perencanaan produk termasuk dalam jangka panjang. Dari perkiraan penjualan masa yang akan datang yang diinginkan, dibandingkan dengan neraca laba/rugi, sehingga dapat menetapkan program dalam berbagai bidang
Perencanaan Strategis
Strategi-strategi dalam bidang perencanan :
- Cara pendekatan “sedikit demi sedikit”
- “Menebarkan bibit ke tanah yang subur”
- Cara “penyerangan” secara terkonsentrasi
- Kacaukan issu yang bersangkutan
- Gunakan taktik-taktik yang keras ini hanya apabila hal tersebut diperlukan
No comments:
Post a Comment