Sunday 10 July 2011

Simplifikasi

Simplifikasi merupakan usaha mengurangi banyaknya macam ukuran barang yang diproduksikan. Dalam artian yang lebih luas lagi simplifikasi meliputi suatu proses penyederhanaan segala hal yang berhubungan dengan produksi. Dengan demikian maka artiannya erat sekali hubungannya dengan standarisasi. Standarisasi merupakan penentuan ukuran yang harus diikuti dalam memproduksikan sesuatu, sedang pembuatan banyaknya macam ukuran barang yang akan diproduksikan merupakan usaha simplifikasi. 

Akibat simplifikasi pada produk ialah memudahkan pembuatan barang-barang yang terbatas macamnya, tidak akan lagi terdapat kerumitan pengaturan seperti halnya apabila diproduksikan berbagai ragam barang. Dengan simplifikasi, maka akan diproduksikan barang-barang yang macamnya paling dikehendaki oleh konsumen, sehingga kerugian dari barang yang jarang diminta konsumen dapat dihindarkan. 

Dalam dunia intelijen, Simplifikasi adalah salah satu teknik intelijen yang telah dikembangkan di dunia Barat maupun Timur serta sangat sering dilakukan oleh pemerintahan rezim militer dalam melakukan proses pembodohan kepada publik. Sebagai bagian dari suatu metode merusak logika publik, simplifikasi sangat cepat diterima publik dan apabila dilakukan repetisi (pengulangan secara terus-menerus) maka publik akan menerimanya sebagai kebenaran.

1 comment:

  1. sumber bukunya apa ya? mau tanya ya
    tolong jelasin mengenai standarisasi dan coding serta sumbernya terimakasih :)

    ReplyDelete