Sunday 1 May 2011

Danau Kawah (Crater Lake)


Danau Kawah atau Crater Lake disebut juga caldera lake adalah danau yang terletak di daerah selatan-tengah negara bagian Oregon - USA, mempunyai beberapa faktor yang unik, dan yang paling menonjol tidak memiliki lubang atau anak sungai.  

Danau ini adalah fitur utama dari Taman Nasional Danau Kawah (Crater Lake National Park) dan terkenal dengan warnanya biru tua dan kejernihan airnya. Danau yang terbentuk sekitar 7.700 (± 150) tahun yang lalu oleh runtuhnya Gunung Mazama ini memiliki kedalaman sekitar 2.148 kaki (655 m). Danau ini dikelilingi tebing dengan ketinggian sampai dua ribu kaki, dan dilengkapi dengan dua pulau kecil dan air biru yang spektakuler, yang menjadikan danau ini sebagai tempat yang sempurna untuk para fotografer.

Creater Lake mempunyai kedalaman hampir 4.000 kaki (1.220 meter), terbentuk sekitar 5.677 (± 150) BC oleh karena runtuhnya gunung berapi Mazama, di mana titik terdalam telah diukur dan tercatat memiliki kedalaman 1.949 kaki (594 meter), sehingga menjadi danau terdalam di Amerika Serikat, dan kesembilan terdalam di dunia.

Pada tanggal 12 Juni 1853, John Wesley Hillman dilaporkan sebagai orang Amerika Eropa pertama yang melihat danau yang dia beri nama "Deep Blue Lake" ini di Oregon. Danau ini setidaknya telah tiga kali berganti nama, yaitu Blue Lake, Lake Mulia, dan akhirnya Crater Lake (Danau Kawah)



1 comment: