Wednesday 11 May 2011

Danau Tahoe


Danau Tahoe adalah sebuah danau air tawar di pegunungan Sierra Nevada, yang terletak di perbatasan antara negara bagian California dan Nevada, di Amerika Serikat, dekat Carson City. Sekitar dua pertiga garis pantainya berada di California. Di daerah ini, terdapat sejumlah tempat untuk bermain ski dan rekreasi tempat terbuka, di musim panas.

Danau Tahoe, adalah danau yang sangat indah dengan Air Berwarna Biru “Jewel of the Sierras.” Danau ini kerap disebut “Jewel of the Sierras”, karena airnya yang biru seperti permata. Danau Tohoe sangat terkenal karena keindahannya juga merupakan danau terbesar di Amerika Utara serta terdalam kedua setelah Danau kawah di Oregon

Danau Tohoe adalah danau terbesar di dunia kedua setelah Danau Alpine disamping Danau Titikaka di Amerika Selatan. Emerald Bay juga merupakan bagian dari Danau Tohoe yang sangat terkenal. Di tengah Emerald Bay ada pulau yang mengingatkan kita akan Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. 
Danau ini adalah kedua terdalam di Amerika Serikat, ke-11 terdalam di dunia, dan keempat dari segi rata-rata kedalamannya.
 
Danau Tahoe memiliki kedalaman 501 m, luas 497 km persegi, dan tinggi 1898 m. Danau ini selain yang kedua terdalam, juga terluas dan tertinggi  di Amerika Serikat. Hanya Danau Crater di Oregon yang lebih dalam (588 m).

Lembah Danau Tahoe terbentuk oleh suatu patahan gugus geologis (normal) sekitar 2 hingga 3 juta tahun yang lalu. Patahan gugus geologis adalah suatu patahan dalam lempengan bumi yang menyebabkan gugus-gugus tanah menaik atau menurun. Gugus-gugus yang menaik menciptakan
Carson Range di sebelah timur dan Sierra Nevada di sebelah barat. Gugus-gugus yang menurun, di antaranya menciptakan Lembah Danau Tahoe. Sebagian dari puncak-puncak tertinggi dari Lembah Danau Tahoe Lembah yang terbentuk dalam proses ini adalah Puncak Freel dengan ketinggian 3320 m, Puncak Monument (3068 m), sekarang termasuk dalam daerah Ski Heavenly Valley, Puncak Pyramid (3043 m) di Gurun Desolation, dan Gunung Tallac (2967 m).
 
Salju yang mencair mengisi bagian selatan dan terendah dari lembah ini, Danau Tahoe modern terbentuk oleh gletser-gletser yang mengalir pada Zaman Es.  Seperti diketahui bahwa Zaman Es Besar dimulai sekitar satu juta tahun yang lalu. Banyak anak sungai yang mengalir ke dalam Danau Tahoe, tetapi air danau ini hanya mengalir keluar lewat Sungai Truckee, yang mengalir ke timur laut melalui Reno, Nevada dan ke dalam Danau Pyramid di Nevada.
 
Rata-rata presipitasi berkisar antara lebih dari 140 cm/tahun di daerah perbatasan di sisi barat lembah, hingga sekitar 67 cm/tahun di dekat danau di sebelah timur lembah. Presipitasi, kebanyakan jatuh dalam bentuk salju antara November dan April, meskipun hujan badai ditambah dengan cairan salju yang cepat bisa saja menyebabkan banjir yang besar.


Galeri Gambar 



 

No comments:

Post a Comment