Saturday 21 May 2011

Jamur

Pengertian Jamur dalam bahasa Indonesia sehari-hari mencakup beberapa hal yang agak berkaitan. 
  1. Semua anggota kerajaan Fungi dan beberapa organisme yang pernah dianggap berkaitan, seperti jamur lendir dan "jamur belah" (Bacteria).
  2. Berkaitan dengan sanitasi dan menjadi sinonim bagi kapang. Makna ini dapat disimak dari contoh ungkapan, "Rotinya sudah berjamur" yang artinya adalah "rotinya sudah ditumbuhi oleh apang".
  3. Tubuh buah yang lunak atau tebal dari sekelompok anggota Fungi (terutama Basidiomycetes) yang berbentuk seperti payung, terdiri dari bagian yang tegak (batang) dan bagian yang mendatar atau membulat, yang biasanya muncul dari permukaan tanah atau substrat tumbuhnya. Secara teknis biologis, tubuh buah ini disebut basidium. Pengertian terakhir ini berkaitan dengan nilai ekonomi jamur sebagai bahan pangan, sumber racun, atau bahan pengobatan.
  4. Jamur adalah keseluruhan bagian dari fungi: tubuh buah, dan bagian jaring-jaring di bawah permukaan tanah atau media mycelia yang tersusun dari berkas-berkas hifa.
    Bentuk umum jamur biasanya adalah seperti payung, walaupun ada juga yang tampak seperti piringan. Beberapa jamur dapat dimakan manusia dengan aman bahkan beberapa dianggap berkhasiat obat, seperti jamur merang (Volvariela volvacea), jamur tiram (Pleurotus), jamur kuping (Auricularia polytricha), jamur kancing atau champignon (Agaricus campestris), dan jamur shiitake (Lentinus edulis). Jamur yang beracun contohnya adalah Amanita muscaria, dan jamur yang dikenal sebagai "destroying angel".

    No comments:

    Post a Comment