Sunday 23 October 2011

Dark Matter (Materi Gelap)


Dark Matter (Materi gelap) adalah materi yang tidak dapat dideteksi dari radiasi yang dipancarkan atau penyerapan radiasi yang datang ke materi tersebut, tetapi kehadirannya dapat dibuktikan dari efek gravitasi materi-materi yang tampak seperti bintang dan galaksi. Perkiraan tentang banyaknya materi di dalam alam semesta berdasarkan efek gravitasi selalu menunjukkan bahwa sebenarnya ada jauh lebih banyak materi daripada materi yang dapat diamati secara langsung. Terlebih lagi, adanya materi gelap dapat menyelesaikan banyak ketidakkonsistenan dalam teori dentuman dahsyat.

Sebagian besar massa di alam semesta dipercaya berada dalam bentuk ini. Menentukan sifat dari materi gelap juga dikenal sebagai masalah materi gelap atau masalah hilangnya massa, dan merupakan salah satu masalah penting dalam kosmologi modern.

Pertanyaan tentang adanya materi gelap mungkin tampak tidak relevan dengan keberadaan kita di bumi. Akan tetapi, ada atau tidaknya materi gelap ini dapat menentukan takdir terakhir dari alam semesta. Kita mengetahui bahwa sekarang alam semesta mengalami pengembangan karena cahaya dari benda langit yang jauh menunjukkan adanya pergeseran merah. Banyaknya materi biasa yang terlihat di alam semesta tidaklah cukup untuk membuat gravitasi menghentikan pengembangan, dan dengan demikian pengembangan akan berlanjut selamanya tanpa adanya materi gelap.

Pada prinsipnya, jumlah materi gelap yang cukup di alam semesta dapat menyebabkan pengembangan alam semesta berhenti, atau kebalikannya (yang akhirnya membawa kita pada Big Crunch). Pada prakteknya, sekarang banyak anggapan bahwa gerakan-gerakan alam semesta didominasi oleh komponen lainnya, energi gelap. Jika anda menempatkan semua energi dan materi alam semesta menjadi pai dan membagi-bagi itu, hasilnya mengejutkan.

Semua galaksi, bintang, planet, komet, asteroid, debu, gas, dan partikel terhitung hanya 4 persen dari alam semesta yang diketahui. Sebagian besar dari apa yang kita sebut “masalah” – sekitar 23 persen dari alam semesta – tidak terlihat mata manusia dan instrumen.

Untuk saat ini para ilmuwan dapat melihat gravitasi materi gelap menarik-narik bintang dan galaksi, tetapi buru-buru mencari cara untuk mendeteksi itu tangan pertama. Mereka berpikir mirip dengan partikel neutrino namun jauh lebih besar bisa menjadi misterius, hal-hal gaib.

No comments:

Post a Comment