Kapal induk MM Garibaldi adalah kapal induk milik Italia yang dibuat oleh Fincantieri di Genoa, dan
diresmikan pada 1985. Garibaldi (C551) digolongkan sebagai CVS-Aircraft
Carrier ASW (Anti-submarine Warfare=Anti Kapal Selam). Kapal induk ini
mampu mengangkut 18 helikopter atau satu skuadron pesawat tempur jenis
vertical atau short take-off and landing (VSTOL).
Kapal
induk ini mampu mengangkut peralatan anti-kapal selam, dapat
mengkomandoi dan mengontrol pasukan AL dan aero-AL,
pengintaian/menyurvey daerah sekitar, pengawalan konvoy, komando
transportasi dan support logistic bagi armada yang ada.
Sistem Pertempuran
Sistem
komando dan kontrol kapal ini adalah IPN20 yang disuplai dari Selex
Sistemi Integrati (dulunya Alenia Marconi Systems). IPN 20 mengumpulkan
informasi dari sensor-sensor kapal dan dari komunikasi dan jaringan data
untuk menyusun dan menampilkan situasi taktis. Sistem komunikasinya
termasuk komunikasi satelit, Link 11 dan Link 14. Kapal ini telah
diupgrade dengan Link 16 dan Wide Area Network (WAN) baru.
Misil
Sistem
misil permukaan-ke-permukaan jarak-jauh milik kapal ini adalah MBDA
(sebelumnya Alenia) Otomat yang dipasang pada dek meriam di buritan
kapal, dua launcher di sisi kiri kapal dan dua pada bagian kanan kapal.
Misil ini mempunyai sistem kendali radar yang dipersenjatai dengan hulu
ledak 210 kg dan dengan jarak jangkau 120 km.
Sistem
misil permukaan-ke-udara MBDA Albatros merupakan pertahanan
jarak-dekat. Launcher 8-cell Albatros dipasang di atap dek di depan dan
buritan kapal. Sistem ini menggunakan misil Aspide. Aspide mempunyai
pencari-radar semi-aktif dengan jarak jangkau 14 km. 48 buah Aspide
dapat diangkut. Kontrol penembakan Albatros diatur oleh tiga pengarah
elektro-optikal/radar Selex NA 30 yang termasuk di dalamnya kamera
inframerah dan penjari-jarak laser, seperti halnya radar kontrol
penembakan Selex RTN 30X.
Meriam
Kapal
induk ini dipersenjatai dengan tiga 40mm/70mm meriam kembar dari Oto
Melara. Meriam ini mempunyai kecepatan tembak 300rounds/menit ke target
udara dengan jarak 4km dan target permukaan dengan jarak 12km. Sistem
kontrol senjata Meriam ini meliputi tiga sistem Selex NA 21.
Torpedo
Dua launcher torpedo pipa-tripel
ILAS 3 dari WASS (Whitehead Alenia Sistemi Subaqua) dipasang pada kapal
induk ini. Pipa 324mm dapat menembakkan torpedo Honeywell Mark 46 atau
A290.
Pesawat Terbang
Dek
penerbangan kapal ini sepanjang 174m dan lebar 30,5m, dan di depannya
terdapat lereng “sky jump” 4 derajat sepanjang 15m. Kapal dapat
mengakomodasi 18 helikopter, seperti Agusta Sikorsky SH-3D Sea King atau
Agusta Bell AB212. Sebagai alternative, kapal ini dapat mengakomodasi
pesawat Harrier II 16 AV-8B atau campuran dari helikopter dan pesawat
Harrier. Dek penerbangan ini telah diupgrade untuk dapat mengakomodasi
helikopter EH101.
Countermeasures
Sistem
penerima peringatan radar dan jamming kapal ini adalah Elettronica
Nettuno SLQ-732. Umpan (decoy) torpedonya adalah SLQ-25 Nixie.
Kapal
ini mempunyai dua Oto Melara SCLAR Naval Decoy Launcher Systems yang
melepas “chaff dispensers”, infrared decoys atau illuminating flares.
SCLAR adalah sebuah sistem 105mm 20-barrel dan menghasilkan
pengaburan/”confusion”, pengacauan dan “seduction mode jamming”.
Kapal
induk ini juga dilengkapi dengan sebuah sistem anti torpedo SLAT yang
dikembangkan oleh Eurslat, sebuah konsorsium yang terdiri atas WASS
(Whitehead Alenia Sistemi Subaqua), DCN dan Thales Underwater Systems
(formerly Thomson Marconi Sonar)
Radar pencari udara jarak-jauh
milik kapal ini adalah Selex Sistemi Integrati MM/SPS-768 (RAN 3L) yang
beroperasi pada band D yang mempunyai jarak di atas 200 km. Radar
pengintaian/survey jarak-jauh tiga-dimensi Raytheon AN/SPS-52C
beroperasi pada band E yang mempunyai jarak 400km. Radar pencari
permukaan dan udara jarak-menengah Selex SPS-774 beroperasi pada band E
dan F mempunyai jarak melebihi 150km. Sistem Selex Sensors &
Airborne mensuplai radar pencari udara dan targeting MM/SPS-702, radar
navigasi MM/SPN-749 dan radar kontrol pesawat MM/SPN-728 yang beroprasi
pada band I.
Sonar pencari aktiw “bow-mounted” DE 1160 LF disuplai oleh Raytheon.
Propulsi
Sistem
propulsi kapal induk ini adalah aransemen combined gas turbine and gas
turbine (COGAG). Sistem ini didasari pada 4 mesin turbin gas LM2500 yang
dikembangkan oleh FiatAvio di Turin di bawah perjanjian lisensi dari
perusahaan AS General Electric (GE). LM2500 menghasilkan tenaga
81,000hp. Sistem propulsi ini menghasilkan kecepatan maksimal 30knot dan
pada kecepatan ekonomis (20knot), jarak jangkaunya adalah 7.000 mil
nautical.
No comments:
Post a Comment