Monday, 29 April 2013

Burung Kolibri (Hummingbird)

Diperbaharui : 28 September 2012
 


Burung Kolibri (Hummingbird) adalah burung mungil yang pandai terbang dan merupakan salah satu burung yang sangat indah dan menarik. Terdapat lebih dari 300 spesies burung kolibri dengan warna yang bermacam-macam. sekitar 8 spesies diantaranya banyak dijumpai di Indonesia. Burung Kolibri termasuk dalam keluarga Trochilidae. Mereka masuk dalam kelompok burung kecil, dan salah satu jenis kolibri, yakni Kolibri Lebah, adalah merupakan burung terkecil di dunia yang pernah ditemukan.
Suara burung kolibri meski jarang terdengar, tapi sangat khas, mirip dengan suara pleci. Hal ini karena suara yang dominan adalah suara dengungan yang dibuat oleh sayapnya.

Mereka juga dapat terbang mundur, dan merupakan satu-satunya kelompok burung yang bisa melakukan hal itu. Nama Inggris mereka diambil dari karakteristik dengungan yang dibuat oleh sayap yang mereka kepakkan dengan cepat. Mereka dapat melayang-layang di udara dengan mengepakkan sayapnya 12-90 kali per detik (tergantung dari spesies).  Kolibri dapat terbang dengan kecepatan lebih dari 15 m/ detik (54 km / jam, 34 mil / jam). 


Selama musim perkawinan, kebanyakan jenis jantannya menyatakan perasaan dengan kicauan gembira seraya terbang mondar-mandir di depan sang betina. Beberapa jenis burung kolibri, mempunyai nyanyian merdu dengan kekuatan yang menakjubkan. Sedangkan burung kolibri betina, untuk menarik perhatian pejantannya, mereka akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi dan kemudian melakukan akrobat di udara, seperti pada pesawat jet.
Burung kolibri hanya bertelur 2 buah dengan warna putih bersih tanpa ada bercak sama sekali. Telur tersebut ditempatkan di dalam sarang yang dibuat secara terampil dari bulu halus tanaman atau terikat pada tempatnya jaring laba-laba. Sisi luar sarang biasanya berhiaskan lumut kerak dan sedikit lumut daun. 

Kebanyakan kolibri memiliki paruh yang panjang dan lurus atau hampir lurus, tapi dalam beberapa jenis bentuk paruhnya pendek sebagai kebutuhan untuk memberi makan anak-anaknya. Ketika kolibri memakan nektar, paruh hanya dibuka sedikit, dan dia memasukkan palung seperti lidah yang bagai anak panah menusuk keluar dan masuk ke bagian dalam bunga untuk mengambil nektar. Seperti burung pemakan nektar lainnya dan tidak seperti burung-burung jenis lain, kolibri minum dengan menggunakan protrusible berlekuk atau palung-seperti lidah. 

Burung kolibri harus mengunjungi ratusan bunga dalam keseharian mereka untuk kebutuhan makan. Kolibri tidak menghabiskan sepanjang harinya dengan terbang, karena akan menyedot banyak energi. Kolibri mampu memperlambat metabolisme mereka pada malam hari, atau kapan pun ketika makanan tidak tersedia. Jadi mereka menghabiskan rata-rata 10-15% dari waktu mereka untuk makan dan sisanya 75-80% untuk bertengger dan mencerna makanan. Kolibri harus banyak makan, seperti makan banyak invertebrata kecil dan makan nektar dalam jumlah lima kali berat badan mereka sendiri dalam sehari.  

Burung yang Kuat Makan



Tidak seperti kebanyakan burung lainnya, burung kolibri tidak makan biji-bijian, melainkan dari sari bunga, atau tanaman merambat yang berbau harum, sedangkan untuk burung kolibri yang dipelihara, dapat diberikan makan makanan jadi, atau membuat sendiri. 

Burung Kolibri termasuk burung yang menghabiskan jumlah energi yang luar biasa setiap hari. Kolibri yang sangat kecil, biasanya dengan berat antara 3 dan 7 gram, tetapi energi yang mereka butuhkan untuk hidup cukup besar, utamanya untuk menggerakkan sayapnya yang begitu cepat, aktivitas yang sangat tinggi, dan jam biologis mereka berjalan sangat cepat. Laju denyut jantung dalam kolibri terbang dapat mencapai hingga lebih dari 1200 kali per menit.

Itulah sebabnya, burung kolibri sering disebut sebagai pemakan yang rakus, karena mereka harus makan sangat sering, terbang dari bunga ke bunga mengumpulkan nektar, yang merupakan sumber utama energi mereka. Selain karena aktifitasnya yang sangat tinggi, kapasitas perut mereka yang kecil, dan tidak bisa menahan terlalu banyak makanan sekaligus. menyebabkan mereka harus makan sangat sering agar tidak kelaparan. Dalam satu jam, burung kolibri bisa makan 5 - 14 kali. 


Paruh bagian bawahnya yang elastis menjadi rahasia mengapa burung ini begitu rakus. Selain bisa membuka hingga 25 derajat, bagian dasar paruhnya juga bisa melebar.Dan setelah terbuka, paruhnya dengan cepat akan menutup kembali. Cara menangkap mangsa yang elastis inilah yang membuat kolibri dapat menangkap serangga terbang dalam hitungan kurang dari 1/100 detik, dengan kecepatan dan kekuatan paruh yang luar biasa.

Kolibri minum nektar, cairan manis di dalam bunga. Seperti lebah, mereka mampu menilai jumlah gula dalam nektar yang mereka makan; mereka tidak mendekati jenis bunga yang menghasilkan madu yang kadar gulanya kurang dari 10% dan lebih menyukai bunga dengan kadar gula yang tinggi. Di samping mengandung air, nektar juga mengandung sukrosa, glukosa dan fruktosa, yang semuanya adalah bentuk berbeda dari gula. Nektar adalah sumber makanan yang miskin nutrisi, sehingga kolibri memenuhi kebutuhan protein, asam amino, vitamin, mineral, dll dengan makan serangga dan laba-laba, terutama ketika mereka memberi makan anak-anaknya. 

Jadi kalau Anda mau memberikan makanan yang tepat untuk kolibri adalah air gula, bentuk makanan yang paling dekat dengan jenis pakan harian mereka. Tetapi jika akan membuat pakan sendiri, dapat dicoba dengan campuran air gula dengan perbandingan 1 bagian gula dan 4 bagian air. Didihkan saja air dan perlahan-lahan tambahkan gula. Biarkan mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat dari kompor dan biarkan sampai dingin. Air gula seperti ini bisa disimpan di dalam lemari es.

Jangan tambahkan bahan makanan lain ke dalamnya, apalagi jenis-jenis larutan atau makanan berpewarna makanan. Ini tidak baik untuk burung. Juga jangan tambahkan pemanis lain. Pakai gula pasir biasa sudah cukup dan baik. Kalau menggunakan madu, maka bisa terfermentasi dan tidak bagus untuk kolibri.

Jika menggunakan feeder (wadah pakan burung untuk diberikan kepada burung-burung di kebun), pastikan wadah pakan ini dicuci setiap beberapa hari untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Pada suatu waktu tertentu selama periode aktivitas mereka, burung ini sangat mudah mengalami kematian jika mereka mengalami kelaparan. Jadi persoalan makanan adalah masalah kelangsungan hidup utama bagi mereka.

Manusia biasanya makan sekitar 2% hingga 4% dari berat badan mereka sendiri setiap hari. Bandingkan dengan makan dari burung kolibri, yang dalam keadaan normal harus makan lebih dari 500% berat badannya sendiri setiap hari hanya untuk bisa bertahan hidup. Untuk alasan ini, memberikan energi yang tinggi berupa air gula dalam makanan mereka adalah salah satu hal terbaik. 


Honduran Emerald



Honduran Emerald adalah salah satu spesies burung kolibri dalam keluarga Trochilidae. Honduran Emerald ini ditemukan hanya di Honduras. Habitat alaminya adalah lahan semak kering subtropis atau kering tropis dan subtropis atau hutan tropis. Honduran Emerald ini terancam oleh hilangnya habitat dan deforestasi.

Galeri Gambar



















2 comments:

  1. Kolibri pemakan apa sihhh :( :(

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete